Hubungan regulasi diri dan pembelian impulsif pada mahasiswa / DIMAS RIZKA FARIHA - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan regulasi diri dan pembelian impulsif pada mahasiswa / DIMAS RIZKA FARIHA

Fariha, Dimas Rizka Fariha (2021) Hubungan regulasi diri dan pembelian impulsif pada mahasiswa / DIMAS RIZKA FARIHA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelian impulsif adalah pembelian yang tidak rasional dan diasosiasikan dengan pembelian cepat dan tidak direncanakan diikuti oleh adanya konflik pikiran dan dorongan emosional. Dorongan emosional tersebut terkait dengan adanya perasaan emosional yang intens yang ditunjukkan dengan melakukan pembelian suatu produk dengan segera mengabaikan konsekuensi negatif merasakan kepuasan dan mengalami konflik di dalam pemikirannya Verplanken amp Herabadi (2001 Diba 2014). Nataraajan amp Goff (1991 dalam Larose 2001) menegaskan salah satu faktor dari pembelian impulsif yakni regulasi diri. Zimmerman (1989 Ghufron amp Risnawita 2017) berpendapat bahwa regulasi diri berkaitan dengan pembangkitan diri baik pikiran perasaan serta tindakan yang direncanakan dan adanya timbal balik yang disesuaikan pada pencapaian tujuan personal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 95 mahasiswa FPPsi UM. Alat ukur yang digunakan skala regulasi diri yakni menggunakan aspek yang dikemukakan oleh Zimmerman (1989) metakognitif motivasi dan perilaku. Skala pembelian impulsif menggunakan aspek yang dikemukakan oleh Verplanken amp Herabadi (2001) kognitif dan afektif. Data dianalisis menggunakan korelasi. Hasil penelitian didapati pada variabel regulasi diri dan pembelian impulsif didapatkan nilai koefesien korelasi sebesar -0 462 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 lt 0.05 sehingga dapat disimpulkan dari hasil tersebut bahwa kedua variabel antara regulasi diri (X) dan pembelian impulsif (Y) memiliki hubungan negatif signifikan dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya apabila variabel regulasi diri tinggi maka perilaku pembelian impulsif rendah begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192403

Actions (login required)

View Item View Item