Pemerintahan Girîndrawarddhana Dyah Ranawijaya (1474-1519 M) pada masa akhir majapahit / M. Misbakhul Munir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemerintahan Girîndrawarddhana Dyah Ranawijaya (1474-1519 M) pada masa akhir majapahit / M. Misbakhul Munir

Munir, M. Misbakhul (2021) Pemerintahan Girîndrawarddhana Dyah Ranawijaya (1474-1519 M) pada masa akhir majapahit / M. Misbakhul Munir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pemerintahan Gir ndrawarddhana Dya Ra awijaya (1474-1519 M) Pada Masa Akhir Majapahit. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan prasasti-prasasti dari masa Dya Ra awijaya. Prasasti-prasasti masa Dya Ra awijaya menyebutkan tentang kondisi masa akhir Kerajaan Majapahit. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana isi prasasti-prasasti Gir ndrawarddhana Dya Ra awijaya 2) Bagaimana pemerintahan Gir ndrawarddhana Dya Ra awijaya di Kerajaan Majapahit berdasarkan data prasasti Penelitian ini menggunakan kajian pustaka prasasti dan konsep kekuasaan. Metode penulisan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah menurut Kuntowijoyo (2013). Selain dihadapkan dengan sumber data tekstual peneliti juga dihadapkan dengan data arkeologi sehingga penelitian ini juga menggunakan ilmu bantu arkeologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara library research dan observasi ke beberapa prasasti yang masih in situ dan beberapa prasasti ditelusuri melalui sumber kepustakaan. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah transkripsi prasasti Gir ndrawarddhana Dya Ra awijaya. Hasil penelitian ini adalah sebegai berikut 1) Gir ndrawarddhana Dya Ra awijaya memerintah Majapahit ketika memasuki era perdagangan maritim dan era munculnya negara-negara pantai terutama negara yang berada di pesisir pantai utara Jawa. Kedua hal tersebut merupakan problem tersendiri bagi Kerajaan Majapahit pada akhir abad ke-15. 2) Pemerintahan Dya Ra awijaya mewarisi imbas dari perang dan pertentangan keluarga sehingga kondisinya sangat lemah. Keadaan tersebut diperburuk dengan hilanganya kontrol politik dan perdagangan di wilayah pesisir akibat dikuasai oleh para saudagar Muslim dan mendirikan Kerajaan D mak. Akhir dari Kerajaan Majapahit terjadi ketika Kerajaan D mak berhasil menggantikan kedudukannya pada awal abad ke 16.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192400

Actions (login required)

View Item View Item