Pangestu, Arief Yoga Pangestu (2021) Pengaruh diegetic user interface dalam meningkatkan aspek immersion pada game bergenre role playing game / Arief Yoga Pangestu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Video game telah berkembang menjadi bentuk hiburan yang sangat populer dan diterima secara umum. Video game adalah sebuah permainan yang dimainkan dengan bantuan peralatan audio visual seperti console (PlayStation XBOX dan lain sebagainya) atau komputer personal. Game terdiri dari berbagai genre salah satunya adalah Role-playing Games (RPG). Immersion adalah satu dari beberapa aspek yang diinginkan dari suatu game khususnya RPG. Immersion bisa diartikan sebagai momen ketika pemain begitu masuk ke dunia game hingga mengabaikan lingkungannya dan menganggap dirinya sebagai bagian dari dunia game tersebut. Immersion sangat diperlukan karena pada RPG pemain harus mengontrol aksi karakter dalam dunia fiksi game tersebut seakan-akan pemain merupakan bagian dari dunia itu sendiri. Salah satu cara untuk mengontrol immersion adalah dengan user interface khususnya tampilan informasi pengguna yang dikenal sebagai Heads-up display (HUD). HUD digunakan untuk memberikan pemain informasi terkait dunia game yang dimainkan. HUD merupakan non-diegetic user interface yang berarti tampilan informasi game tersebut bukan merupakan bagian dari dunia game tersebut. diegetic user interface berarti menghilangkan elemen HUD tersebut dan menjadikan user interface sebagai elemen dari game itu sendiri. Beberapa orang percaya bahwa immersion bisa ditingkatkan dengan mengurangi elemen pada HUD maka dari itu dilakukan analisa kuantitatif dan kualitatif untuk melihat apakah HUD memiliki dampak terhadap immersion pemain. Berdasarkan hasil uji yang diambil dari sepuluh partisipan yang mengikuti tes hasil Two-sample t-test memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan immersion ketika memainkan game tanpa HUD. Two-way ANOVA test juga menunjukkan bahwa faktor HUD memiliki pengaruh yang signifikan terhadap immersion pemain. Sedangkan faktor game dan interaksi antara game dengan HUD tidak memiliki pengaruh yang begitu signifikan terhadap immersion. Wawancara dan survei online juga menunjukkan bahwa ketiadaan HUD tentu akan meningkatkan immersion. Pemain suka dengan HUD yang hanya menampilkan informasi hanya ketika memang dibutuhkan dan bersifat tidak intrusive (mengganggu). HUD dibutuhkan untuk menampilkan informasi yang dibutuhkan pemain. Jika HUD bisa dikurangi namun informasi masih bisa disampaikan elemen non-diegetic bisa dikurangi demi meningkatkan immersion.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/192392 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |