Studi eksperimental penambahan plat pada sambungan batang tarik baja canai dingin (cold formed steel) / Diasy Damayanti Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi eksperimental penambahan plat pada sambungan batang tarik baja canai dingin (cold formed steel) / Diasy Damayanti Putri

Putri, Diasy Damayanti Putri (2021) Studi eksperimental penambahan plat pada sambungan batang tarik baja canai dingin (cold formed steel) / Diasy Damayanti Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Baja canai dingin (cold formed steel) merupakan salah satu elemen penting dalam dunia konstruksi. Penggunaan material baja canai dingin banyak digunakan untuk rangka atap sebagai alternatif pengganti dari material kayu. Sebagai material pengganti kayu baja canai dingin memiliki kelebihan diantaranya lebih awet tidak dimakan rayap tahan terhadap api dan materialnya bersifat ringan serta mudah dirakit. Bahan yang mudah didapat dan relatif ringan membuat baja canai dingin lebih banyak dipilih tetapi pada kenyataannya konstruksi atap dengan menggunakan material baja canai dingin banyak mengalami kegagalan struktur. Kegagalan pada sambungan kesalahan analisis struktur serta kualitas bahan menjadi faktor penyebab terjadinya kegagalan struktur. Bentuk profil dan jenis sambungan yang bervariatif memberikan sumbangsih besar dalam kegagalan struktur. Oleh sebab itu pengaplikasian rangka atap menggunakan baja canai dingin membutuhkan perhitungan yang benar mulai dari pemilihan bahan bentuk profil hingga teknik pemasangannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penambahan plat pada sambungan baja canai dingin terhadap gaya tarik aksial dan slip sambungan baja canai dingin pada struktur rangka batang. Profil yang digunakan pada penelitian ini adalah adalah baja canai dingin profil C (kanal) single dengan penambahan plat profil C (kanal) double dengan penambahan plat dan profil C (kanal) double. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) perbandingan hasil nilai gaya tarik antara profil C (kanal) single dengan penambahan plat sebesar 6 15 kN dengan profil C (kanal) double sebesar 17 93 kN dengan penambahan plat didapatkan selisih hasil sebesar 48 92%. Perbedaan hasil dipengaruhi oleh perubahan variasi penampang profil. Perubahan tersebut membuat ukuran sambungan yaitu jumlah sekrup dan lebar plat sambung bertambah sehingga kekuatan sambungan bertambah pula. Perbandingan nilai gaya tarik antara profil C (kanal) double dengan penambahan plat sebesar 17 93 kN dengan profil C (kanal) double tanpa penambahan plat sebesar 14 37 kN didapatkan selisih hasil sebesar 11 02%. Plat sambung yang dipasang membuat nilai gaya tarik bertambah. (2) Perbandingan nilai slip pada sambungan antara profil C (kanal) single dengan penambahan plat sebesar 12 96 mm dengan profil C (kanal) double dengan penambahan plat 7 02 mm dengan selisih hasil sebesar 33 72%. Pertambahan julah sekrup dan lebar plat sambung menyebabkan kekuatan sambungan bertambah. Perbandingan nilai slip sambungan baja canai dingin antara profil C (kanal) double dengan penambahan plat sebesar 7 02. dengan profil C (kanal) double tanpa penambahan plat sebesar 9 96 mm dengan selisih hasil sebesar 17 3%. Plat sambung yang dipasang mampu menahan beban tarik lebih besar dibandingkan pada sambungan tanpa plat sambung sehingga plat sambung tersebut akan menghasilkan nilai slip yang kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192391

Actions (login required)

View Item View Item