Studi eksperimental pembakaran mikroalga spirulina platensis pada circulating fluidized bed combustor / Ilyan Tik Nanta - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi eksperimental pembakaran mikroalga spirulina platensis pada circulating fluidized bed combustor / Ilyan Tik Nanta

Nanta, Ilyan Tik (2021) Studi eksperimental pembakaran mikroalga spirulina platensis pada circulating fluidized bed combustor / Ilyan Tik Nanta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia mempunyai potensi energi baru terbarukan yang tersebar di wilayah Indonesia antara lain sumber energi matahari sumber energi air dan mikrohidro sumber energi angin sumber energi panas bumi sumber energi gelombang laut dan sumber energi biomassa. Indonesia memiliki luas wilayah perairan mencapai 3 11 juta km2 sehingga memungkinkan pembudidayaan mikroalga (salah satu biomassa) sebagai bahan bakar terbarukan. Penggunaan Fluidized Bed Combustor (FBC) merupakan salah satu teknologi pembakaran yang memiliki keunggulan dalam mengkonversi berbagai jenis bahan bakar baik sampah limbah biomassa ataupun bahan bakar fosil berkalori rendah. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui sifat fisik kandungan kimia nilai kalor morfologi makromolekul distribusi temperatur dan emisi gas buang pembakaran mikroalga Spirulina platensis pada FBC. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental eksploratif. Sifat fisik dan kandungan kimia mikroalga Spirulina platensis diperoleh dari pengujian proximate dan ultimate. Kandungan nilai kalor diperoleh dari pengujian menggunakan alat bomb calorimeter. Kandungan makromolekul diperoleh dari pengujian menggunakan alat FTIR. Bentuk morfologi diperoleh dari pengujian menggunakan alat SEM. Distribusi temperatur pembakaran diperoleh dari software Datasoft yang telah terhubung dengan perangkat pendukung pada alat FBC. Hasil emisi gas buang diperoleh melalui alat gas analyzer. Berdasarkan hasil penelitian sifat fisik mikroalga Spirulina platensis didominasi oleh kandungan volatile matter sebesar 77 96% dan kandungan fixed carbon relatif rendah sebesar 11 9%. Kandungan kimia dari mikroalga Spirulina platensis didominasi unsur karbon sebesar 51 81%. Nilai kalor yang dihasilkan mikroalga Spirulina platensis sebesar 20 75 MJ/kg melebihi 2 jenis batubara yaitu jenis batubara lignite dan subbituminous. Perubahan spektra FTIR abu pada rentang 3750 2000 cm-1 disebabkan hilangnya protein dan lipid selama pembakaran. Daerah fingerprint rentang 1500 600 cm-1 mengalami perubahan spektra FTIR karena hilangnya kandungan karbohidrat pada abu sisa hasil pembakaran. Hasil SEM mikroalga Spirulina platensis perbesaran 10000 X menunujukkan bentuk morfologi memiliki struktur yang utuh dan dan hampir tidak memiliki pori-pori. Sedangkan untuk abu perbesaran 5000 X bentuk morfologi berongga karena sampel raw material meleleh yang diakibatkan pembakaran pada fluidized bed. Secara umum oksigen klorin kalsium silika dan kalium menunjukkan peningkatan persentase berat pada abu sisa hasil pembakaran. Distribusi temperatur diukur pada jarak 4 10 28 42 59 79 105 dan 135 cm pada reaktor pembakaran FBC. Hasil distribusi temperatur temperatur tertinggi terjadi pada sensor 5 dengan jarak 59 cm dari bed distributor udara yang menghasilkan suhu 813 167 C. Emisi CO2 SO2 dan NO meningkat selama proses pembakaran. Sedangkan emisi O2 menurun selama proses pembakaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192385

Actions (login required)

View Item View Item