Pengaruh consumer ethnocentrism terhadap purchase intention produk sepatu compass melalui perceived quality (studi pada mahasiswa perguruan tinggi negeri di kota Malang) / Rosana Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh consumer ethnocentrism terhadap purchase intention produk sepatu compass melalui perceived quality (studi pada mahasiswa perguruan tinggi negeri di kota Malang) / Rosana Oktaviani

Oktaviani, Rosana (2021) Pengaruh consumer ethnocentrism terhadap purchase intention produk sepatu compass melalui perceived quality (studi pada mahasiswa perguruan tinggi negeri di kota Malang) / Rosana Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada perkembangan era liberalisasi perdagangan menyebabkan produk impor semakin membanjiri pasar domestik. Hal tersebut sekaligus memunculkan peluang dan tantangan bagi pemasar Indonesia yakni dengan membuka pasar bagi industri dalam negeri namun di lain sisi terjadi perubahan perilaku pembelian konsumen Indonesia terhadap produk lokal sebagai dampak dari tersedianya berbagai pilihan produk impor sehingga membuat terkikisnya rasa cinta konsumen Indonesia terhadap produk lokal. Namun pada era disruptif di dunia bisnis saat ini pemasar di Indonesia semakin berupaya untuk memiliki keunggulan kompetitif guna bersaing dengan produk impor dan memunculkan purchase intention pada konsumen. Salah satu industri lokal yang sedang hangat diperbincangkan oleh generasi milenial adalah Sepatu Compass yang berupaya menjadikan anak bangsa mulai bangga pada local brand dengan menawarkan produk sneakers yang berkualitas sehingga memunculkan perceived quality produk lokal yang baik di benak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh consumer ethnocentrism terhadap purchase intention melalui perceived quality pada calon konsumen Sepatu Compass. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian deskriptif dan eksplanatori. Terdapat tiga jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel independen adalah consumer ethnocentrism (X) variabel dependen adalah purchase intention (Y) dan variabel mediasi adalah perceived quality (Z). Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah responden yang mengetahui bahwa Sepatu Compass adalah produk sepatu dalam negeri dan responden yang belum pernah melakukan pembelian pada Sepatu Compass. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 260 responden. Teknik analisis pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi WarpPLS 4.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa consumer ethnocentrism berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention kemudian perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention lalu consumer ethnocentrism berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived quality dan consumer ethnocentrism berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui perceived quality.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192367

Actions (login required)

View Item View Item