Pembuatan nanopartikel seng oksida (ZnO) dengan metode presipitasi / Devi Risma Elfarianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembuatan nanopartikel seng oksida (ZnO) dengan metode presipitasi / Devi Risma Elfarianti

Elfarianti, Devi Risma (2021) Pembuatan nanopartikel seng oksida (ZnO) dengan metode presipitasi / Devi Risma Elfarianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nanopartikel ZnO memiliki beberapa sifat spesifik atau karakteritik sehingga dapat digunakan pada berbagai bidang. Salah satunya sebagai aplikasi dalam semikonduktor seperti fotokatalis dan sensor gas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan pengaruh jenis basa terhadap struktur dan morfologi nanopartikel ZnO dengan metode presipitasi. Dalam teknik presipitasi sintesis nanopartikel dilakukan dengan menambahkan precipitant yang disesuaikan ke dalam larutan baku. Larutan seng nitrat ditambahkan dengan larutan NaOH atau NH4OH sebagai variasi basa. Karakterisasi dilakukan menggunakan beberapa instrumen diantaranya XRD FT-IR SEM-EDX dan UV-Vis. Hasil analisa XRD menunjukkan keberhasilan sintesis nanopartikel ZnO dengan menggunakan metode presipitasi dan kritalinitasnya pada berbagai variasi basa. Fakta ini didukung dengan karakterisasi menggunakan FT-IR yang menunjukkan adanya pita tajam pada daerah ZnO. Hasil analisa menggunakan SEM-EDX menunjukkan morfologi nanopartikel ZnO berbentuk bulatan-bulatan yang teraglomerasi dan diperoleh ukuran nanopartikel ZnO pada precipitant NaOH berkisar antara 40-160 nm dengan ukuran partikel rata-rata 93 789 nm sedangkan pada precipitant NH4OH berkisar 20-180 nm dengan ukuran nanopartikel rata-rata 83 753 nm. Hasil analisa UV-Vis menunjukkan bahwa panjang gelombang maksimum pada kedua precipitant dekat dengan daerah ZnO maka diperoleh band gap yaitu sebesar 3 11 eV pada precipitant NaOH dan 3 10 eV pada precipitant NH 4OH. Precipitant berpengaruh terhadap hasil sintesis nanopartikel ZnO dengan metode presipitasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192359

Actions (login required)

View Item View Item