Produksi gelatin sisik ikan bandeng (chanoss chanoss forsskal) menggunakan ekstrak kasar papain / Ginta Ayu Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Produksi gelatin sisik ikan bandeng (chanoss chanoss forsskal) menggunakan ekstrak kasar papain / Ginta Ayu Wulansari

Wulansari, Ginta Ayu Wulansari (2021) Produksi gelatin sisik ikan bandeng (chanoss chanoss forsskal) menggunakan ekstrak kasar papain / Ginta Ayu Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Forsskal) Menggunakan Ekstrak Kasar Papain Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Evi Susanti S.Si. M.Si. Kata Kunci sisik ikan Bandeng gelatin ekstrak kasar papain getah pepaya pretreatment NaOH Permintaan gelatin dalam negeri terus meningkat setiap tahunnya diiringi dengan desakan adanya jaminan produk halal dan keperluan kesehatan untuk mencari sumber gelatin alternatif. Di sisi lain peningkatan produksi olahan ikan Bandeng di Indonesia menghasilkan sisik ikan Bandeng yang cukup melimpah. Sisik ikan Bandeng mengandung protein kolagen yang cukup tinggi membuatnya berpotensi untuk digunakan sebagai sumber gelatin alternatif. Produksi gelatin sisik ikan Bandeng dapat dilakukan secara enzimatis menggunakan papain. Papain termasuk enzim protease yang mampu mengkatalisis pemutusan ikatan peptida pada protein sehingga dimungkinkan untuk digunakan pada produksi gelatin dari sisik ikan Bandeng. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan metode optimum produksi gelatin dari sisik ikan Bandeng menggunakan papain dan mengetahui karakteristik gelatin yang dihasilkannya. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Isolasi ekstrak kasar papain (2) Uji pendahuluan produksi gelatin (3) Optimasi metode produksi gelatin (4) Karakterisasi gelatin yang dihasilkan. Uji pendahuluan produksi gelatin meliputi konfirmasi metode produksi gelatin rujukan dan identifikasi aktivitas ekstrak kasar papain selama proses pembuatan gelatin secara enzimatis. Optimasi metode produksi gelatin meliputi pengaruh tahap penyaringan dan luas permukaan sisik ikan terhadap pemisahan gelatin optimasi jumlah enzim yang digunakan pada sisik ikan Bandeng tanpa dan dengan pretreatment NaOH optimasi waktu inkubasi pada sisik ikan Bandeng tanpa dan dengan pretreatment NaOH. Karakterisasi gelatin yang dihasilkan meliputi analisis FTIR dan SDS PAGE. Hasil penelitian menunjukkan metode optimum produksi gelatin sisik ikan Bandeng menggunakan ekstrak kasar papain dan menghasilkan rendemen gelatin dari sisik tanpa perlakuan lebih tinggi dibandingkan sisik pretreatment NaOH. Karakterisasi gelatin yang dihasilkan sebagai berikut hasil analisis analisis FTIR menunjukkan gelatin dari kedua sisik ikan memiliki gugus fungsi khas gelatin serta hasil SDS PAGE belum menunjukkan pita yang jelas sehingga belum dapat mengidentifikasi kemurnian dari gelatin yang dihasilkan dari sisik ikan tanpa dan dengan pretreatment NaOH.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192356

Actions (login required)

View Item View Item