Nilai-nilai pendidikan karakter dalam relief cerita Parthayajna di Candi Jago / Agung Nasrullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai-nilai pendidikan karakter dalam relief cerita Parthayajna di Candi Jago / Agung Nasrullah

Nasrullah, Agung (2020) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam relief cerita Parthayajna di Candi Jago / Agung Nasrullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pendidikan yang ada di Indonesia memiliki berbagai permasalahan yang menarik untuk diteliti salah satunya adalah degradasi karakter yang terjadi pada pelajar. Permasalahan tersebut meliputi tawuran antar-pelajar pornografi seks bebas dan perbuatan negatif lainnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pemerintah telah mengeluarkan progam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang meliputi lima nilai yaitu religius nasionalis mandiri gotong-royong dan integritas. Penggunaan kearifan budaya lokal dapat menjadi salah satu alternatif guna menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada pelajar. Candi menjadi salah satu tinggalan yang memiliki nilai historis dan edukasi yang tinggi. Fungsi panil relief cerita pada bangunan candi digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan salah satunya adalah panil relief cerita Parthayajna di Candi Jago. Relief cerita Parthayajna di Candi Jago akan digali nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya. Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui arti relief cerita Parthayajna di Candi Jago (2) mengetahui indikator-indikator nilai pendidikan karakter dalam panil relief cerita Parthayajna di Candi Jago dan (3) menjelaskan nilai-nilai pendidikan karakter dalam relief cerita Parthayajna di Candi Jago. Penelitian dengan judul Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Relief Cerita Parthayajna di Candi Jago menggunakan pendekatan kualitatif dan berjenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data artefaktual dan tekstual. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan studi pustaka. Terdapat analisis morfologi dan kontekstual yang dilakukan untuk mengetahui dan menjelaskan tujuan dari penelitian ini dilaksanakan. Hasil dari penelitian ini meliputi beberapa hal berikut ini. Pertama cerita Parthayajna berwujud kisah yang menggambarkan perjalanan Arjuna ke Gunung Indrakila untuk melakukan tapa perjalanan tersebut menggambarkan manusia yang mendapatkan ajaran dari guru yang didapatkan secara bertahap. Kedua mayoritas panil-panil tersebut mengandung indikator-indikator dari nilai pendidikan karakter yang terdapat pada Permendikbud Nomor 20 (2018) tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada Satuan Formal Pasal (2) terdapat lima nilai karakter utama yang mendapatkan prioritas yaitu religius nasionalis mandiri gotong-royong dan integritas. Ketiga relief cerita Parthayajna mengandung nilai-nilai pendidikan karakter berupa nilai religius nasionalis mandiri gotong-royong dan integritas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192297

Actions (login required)

View Item View Item