Pengembangan media video “layarjelass” materi gaya busana masa hindu-buddha abad viii-xiii masehi untuk siswa kelas x tata busana smkn 1 batu / Gedhe Ashari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video “layarjelass” materi gaya busana masa hindu-buddha abad viii-xiii masehi untuk siswa kelas x tata busana smkn 1 batu / Gedhe Ashari

Ashari, Gedhe Ashari (0000) Pengembangan media video “layarjelass” materi gaya busana masa hindu-buddha abad viii-xiii masehi untuk siswa kelas x tata busana smkn 1 batu / Gedhe Ashari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ashari Gedhe. 2021. Pengembangan Media Video ldquo Layarjelass rdquo Materi Gaya Busana Masa Hindu-Buddha Abad VIII-XIII Masehi untuk Siswa Kelas X Tata Busana SMKN 1 Batu. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Blasius Suprapta M. Hum (II) Wahyu Djoko Sulistyo S.Pd M.Pd. Kata Kunci Video Media Pembelajaran Sejarah Gaya Busana Hindu Media pembelajaran merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa maupun guru pada saat proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan hasil pengamatan dan juga informasi dari guru matapelajaran sejarah SMK Negeri 1 Batu sekolah memiliki kekurangan media pembelajaran sejarah Buku paket sejarah juga memiliki jumlah yang terbatas dan tidak bisa dibawa pulang terlebih lagi saat ini adalah masa pembelajaran online. Selain itu menurut penuturan siswa dalam sebuah wawancara bahwa materi pembelajaran sejarah yang diajarkan di kelas juga masih umum seperti pada buku paket. Kondisi tersebut memungkinkan peserta didik membutuhkan media pembelajaran berbasis online dan juga pengetahuan mengenai gaya busana yang dapat menjadi variasi matetri pada kelas Tata Busana. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran Layar Jelajah Situs Sejarah ldquo Layarjelass rdquo . Materi pada media pembelajaran ini adalah gaya busana Masa Hindu-Buddha abad VIII-XIII Masehi untuk kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Batu. Media pembelajaran ldquo Layarjelass rdquo merupakan jenis video pembelajaran berbasis online yang bisa dibuka pada aplikasi Youtube dengan link yang bisa dibagikan melalui whatapp. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. ADDIE memiliki lima tahapan penelitian yakni mencakup analysis design development implementation evaluation. Dapat diketahui validitas produk yang dikembangkan melalui kegiatan validasi ahli materi dan validasi ahli media. Efektivitas produk dapat diketahui melalui kegiatan ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok besar. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran ldquo Layarjelass rdquo ini valid untuk digunakan. Dibuktikan dengan hasil validasi materi mendapatkan persentase sebesar 89% dan dari ahli media sebesar 97%. Hasil uji efektivitas produk terhadap kelompok kecil pada 8 peserta didik menghasilkan persentase sebesar 90% dan uji coba kelompok besar terhadap 33 peserta didik menghasilkan persentase sebesar 91% sehingga bisa dikatakan produk ldquo Layarjelass rdquo tergolong dalam kategori sangat valid dan sangat efektif serta layak untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah. Media pembelajaran ldquo Layarjelass rdquo juga dapat dikatakan layak dan memenuhi kebutuhan sebagai media pembelajaran karena unsur-unsur pada media ldquo Layarjelass rdquo telah berdasarkan pada fungsi media pembelajaran sejarah. Materi pada media juga memenuhi syarat sebagai pembelajaran sejarah. Selain itu juga memenuhi kriteria sebagai video berbasis online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192288

Actions (login required)

View Item View Item