Pengembangan bahan ajar berbasis mobile learningmenggunakan kodularberisiperan sukarni kartodiwirjo dalam peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan indonesia untuk kelas xi sma laboratorium universitas negeri malang / Nerry Supanji - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis mobile learningmenggunakan kodularberisiperan sukarni kartodiwirjo dalam peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan indonesia untuk kelas xi sma laboratorium universitas negeri malang / Nerry Supanji

Supanji, Nerry Supanji (2021) Pengembangan bahan ajar berbasis mobile learningmenggunakan kodularberisiperan sukarni kartodiwirjo dalam peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan indonesia untuk kelas xi sma laboratorium universitas negeri malang / Nerry Supanji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Supanji Nerry. 2021.PengembanganBahan Ajar Berbasis Mobile Learning MenggunakanKodularBerisi Peran SukarniKartodiwirjoDalamPeristiwaSekitarProklamasiKemerdekaan Indonesia untuk Kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dra. Yuliati M.Hum. Pembimbing (II) LutfiahAyundasari S.Pd. M.Pd. Kata Kunci bahan ajar m-learning kodular peranSukarni Pemanfaatansumberpembelajaran yang belum optimal masihmenjadipermasalahan yang mendasardalampembelajaransejarah di sekolah. Sebagian besarpembelajaransejarah di kelashanyamenggunakanbahan ajar bukutekssejarah yang diberikan oleh pemerintah. Buku-bukutekstersebutbiasanyamemilikiketerbatasandalammenguraikanfaktasejarahatauaksesuntukmelihatkebaruanperistiwasejarah yang ditemukan. Beberapapermasalahan yang ditemui oleh penulisketikaobservasi di lapanganadalahsebagaiberikut (1) Kurangnyakemandiriansiswadalambelajar (2) Pemanfaatanteknologi danfasilitaspembelajarankadangkurangtepatdariapa yang seharusnyadibutuhkansiswa (3) Bahan ajar cetakharus dan dibeli di koperasisekolah (4) SedikitnyabacaanmengenaitokohSukarniKartodiwirjo. Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanprodukberupabahan ajar berbasismobile learningmenggunakankodularberisiperanSukarniKartodiwirjodalamperistiwasekitarproklamasikemerdekaan Indonesia untukkelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Metodepenelitianpengembanganinimenggunakan model ADDIE untukmenghasilkansebuahprodukbahan ajar berbasis android. Denganbeberapatahapanberikut (1) tahapanalisiskebutuhan (2) tahapdesain dan pengumpulan data (3) tahappengembanngan pembuatanproduk dan validasiproduk (4) tahapimplementasi uji coba (5) tahapevaluasiakhirproduk. Pengembanganprodukmelewatitigatahapvalidasi validasimateri oleh Dr. Dewa Agung Gede Agung M. Hum. validasi media oleh Wahyu Djoko Sulistyo S.Pd. M.Pd. dan guru oleh Imam Pranata Adi Nagara S.Pd. Subjek uji cobapenelitianterdiridari 6 siswakelas XI IPS 4 untuk uji cobakecil dan 32 siswakelas XI IBB untuk uji cobabesar. Hasil validasi oleh ahli media diperolehpresentasesebesar 90 95% hasilvalidasi oleh ahlimaterisebesar 94 47% hasilvalidasikelayakanproduk oleh guru diperolehpresentasesebesar 91 02% hasil uji cobakecil 86 70% dan hasil uji cobabesardiperolehpresentasesebesar85 34%. Berdasarkan data validasi dan uji coba bahan ajar berbasismobile learning disimpulkanbahwapenelitan dan pengembanganprodukdapatdiselesaikandenganbaiksesuaidengananalisiskebutuhan dan tingkatkelayakanprodukdiperolehresponkriteria sangat layak. Bahan ajar berbasismobile learningmenggunakankodularberisiperanSukarniKartodiwirjoiniberpotensidikembangkanlebihlanjutdenganmembahastokoh-tokohlainnyadalamperistiwaproklamasisecaralebihmendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192287

Actions (login required)

View Item View Item