Analisis kelayakan isi, cakupan materi, penyajian dan kebahasaan buku teks pelajaran sejarah terbitan mediatama untuk sma kelas x / Okta Mawarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kelayakan isi, cakupan materi, penyajian dan kebahasaan buku teks pelajaran sejarah terbitan mediatama untuk sma kelas x / Okta Mawarni

Mawarni, Okta Mawarni (2021) Analisis kelayakan isi, cakupan materi, penyajian dan kebahasaan buku teks pelajaran sejarah terbitan mediatama untuk sma kelas x / Okta Mawarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Buku merupakan salah satu sarana penting dalam pembelajaran selain untuk meningkatkan mutu Pendidikan buku juga merupakan pedoman guru maupun siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar. Buku teks juga merupakan alat bantu siswa dalam memahami suatu mata pelajaran tertentu selain itu buku merupakan material mutlak yang digunakan dalam proses belajar siswa di kelas. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh tentang (1) kesesuaian isi buku teks pelajaran dengan kurikulum 2013 yang terdapat pada buku teks pelajaran sejarah kelas X (2) Tingkat keterbacaan buku teks pelajaran kelas X dengan menggunakan Formula Fry (3) kelayakan penyajian buku teks pelajaran sejarah kelas X menurut kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) (4) Kesesuaian isi materi sejarah dalam buku teks pelajaran kelas X terhadap buku referensi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru matapelajaran sejarah kelas X. Fokus penelitian ini adalah pada buku teks pelajaran sejarah kelas X terbitan Mediatama kurikulum 2013. Pada penilaian tingkat kelayakan buku teks pelajaran menggunakan standar yang digunakan oleh BSNP. Hasil analisis buku teks pelajaran sejarah kelas X terbiatan Mediatama yaitu sebagai berikut. Kesesuaian buku teks pelajaran dengan kurikulum 2013 hasil analisis menunjukan kesesuaian materi 84 6 % dan kesesuaian indikator sebesar 86 3 % dengan kriteria sesuai. Analisis tingkat keterbacaan buku pelajaran dengan menggunakan grafik fry Berdasarkan hasil analisis terhadap buku terbitan Mediatama kelas X yang dilakukan menggunakan teknik analisis grafik Fry terdapat hasil sampel yang sesuai 13 (72 2%) mudah 3 (16 6%) sulit 2 (11 1%) dan invalid 0 (0%). Kesesuaian isi materi sejarah dalam buku teks pelajaran terhadap buku referensi yang berjudul Sejarah Nasional Indonesia (SNI) jilid 1 sampai jilid 4. Pada hasil analisis terhadap buku teks pelajaran Sejarah Peminataan Ilmu-ilmu Sosial untuk SMA/MA kelas X terdapat 13 penggalan dari materi sejarah dalam buku yang tidak sesuai dengan buku referensi. Hasil pada penelitian menunjukan buku teks pelajaran sejarah kelas X terbitan Mediatama sesuai dengan kurikulum tingkat keterbacaan buku teks pelajaran masih perlu disesuaikan lagi sesuai dengan jenjang pendidikan penyajian buku sesuai namun masih ada beberapa wacana yang salah dan harus diperbaharui kembali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192284

Actions (login required)

View Item View Item