Pengembangan buku suplemen berbasis elektronik (e-book) berisi materi islamisasi di kabupaten ponorogo dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas x ips man 2 ponorogo / Aisyah Mia Karohmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku suplemen berbasis elektronik (e-book) berisi materi islamisasi di kabupaten ponorogo dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas x ips man 2 ponorogo / Aisyah Mia Karohmawati

Karohmawati, Aisyah Mia Karohmawati (2021) Pengembangan buku suplemen berbasis elektronik (e-book) berisi materi islamisasi di kabupaten ponorogo dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas x ips man 2 ponorogo / Aisyah Mia Karohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Buku suplemen merupakan buku penunjang belajar peserta didik yang digunakan sebagai buku pelengkap untuk menambah pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran yang disampaikan. Buku suplemen dikategorikan ke dalam bahan ajar. Pengembangan bahan ajar itu sendiri adalah suatu proses yang sistematis dalam mengidentifikasi evaluasi isi dan pemanfaatan dari bahan ajar dengan pola pengelolaan khusus yang tersusun agar tercapai tujuan pembelajaran secara lebih efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk mengembangkan buku suplemen berbasis elektronik (e-book) dengan materi Islamisasi di Kabupaten Ponorogo. Materi pengembangan ini berkaitan dengan K.D 3.7 menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia. Tujuan pengembangan sebagai pemecahan potensi dan masalah yang ditemukan peneliti saat melakukan observasi di MAN 2 Ponorogo sehingga dapat dikembangkan produk bahan ajar yang layak untuk menunjang proses pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah penelitian pengembangan Sugiyono (2011) yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti. Prosedur penelitian dan pengembangan e-book suplemen ini (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji coba Produk (7) Revisi Produk (8) Uji Coba Pemakaian (9) Revisi Produk (10) Produksi Masal. Pada tahap validasi materi didapat hasil 95 8% sehingga materi bahan ajar dinyatakan sangat valid dengan beberapa catatan yang perlu ditambahkan berupa penambahan rujukan dari jurnal nasional maupun internasional. Pada tahap validasi bahan ajar didapat hasil 87 5% sehingga bahan ajar dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk uji coba di sekolah dalam pembelajaran sejarah. Tahap selanjutnya adalah uji coba produk yang dilakukan di kelas X IPS 1 MAN 2 Ponorogo. Hasil dari uji coba kelompok kecil dengan melibatkan 10 peserta didik memperoleh skor 91 8% dan hasil uji coba kelompok besar dengan melibatkan 20 peserta didik memperoleh skor 95 75%. Selain itu produk dikatakan efektif apabila nilai yang didapat dari post-test dibagi dengan nilai target hasilnya lebih dari sama dengan 1. Nilai yang didapat dari hasil post-test ialah 86 sedangkan nilai targetnya 75 sehingga mendapatkan skor 1 1467. Berdasarkan data dari hasil uji coba dapat dikatakan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis elektronik (e-book) valid layak dan efektif dijadikan sebagai buku suplemen mata pelajaran sejarah kelas X.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192157

Actions (login required)

View Item View Item