Pengembangan media pembelajaran interaktif sejarah (intra) berbasis android studio materi kerajaan sriwijaya untuk peserta didik kelas x sma negeri 3 bungo kabupaten bungo / RAHMAT ALIMUDIN MAHRUS - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif sejarah (intra) berbasis android studio materi kerajaan sriwijaya untuk peserta didik kelas x sma negeri 3 bungo kabupaten bungo / RAHMAT ALIMUDIN MAHRUS

Mahrus, Rahmat Alimudin Mahrus (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif sejarah (intra) berbasis android studio materi kerajaan sriwijaya untuk peserta didik kelas x sma negeri 3 bungo kabupaten bungo / RAHMAT ALIMUDIN MAHRUS. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahrus Rahmat Alimudin 2021. Pengembangan Media Pembelajaan Interaktif Sejarah (Intra) berbasis Android StudioMateri KerajaanSriwijayauntuk Peserta Didik Kelas X SMAN 3 Bungo Kabupaten Bungo. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum (II) Wahyu Djoko Sulistyo S.Pd. M.Pd. Kunci media pembelajaran Intra KerajaanSriwijaya Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dalam proses pembelajaran sejarah di sekolah. Berdasarkan hasil observasidi SMA Negeri 3 Bungo diketahui bahwa potensi yang dimiliki terdapat pada segi sarana dan prasarana penunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seperti jaringan wifi laboratorium teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan kebijakan sekolah yang memerbolehkan peserta didiknya untuk membawa smartphone dengan ketentuan yang berlaku di sekolah. Selanjutnya pada teknik wawancara dan penyebaran angketrespon peserta didik diperoleh data awal yang menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang menarik dan variatif dalam pembelajaran sejarah masih terbatas. Guru sesekali menggunakan media pembelajaran berupa PowerPoint guru juga seringkali menerapkan metode ceramah dan bahan ajar yang digunakan guru hanya berupa buku paket cetak serta Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang jumlahnya terbatas. Oleh karena itu peserta didik membutuhkan inovasi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang mampu membantu mereka saat belajar sejarah secara praktis dan menarik. Tujuan penelitian dan pengembanganini adalah untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran interaktifsejarah dan mengetahui tingkat validitas dan keefektifan produk. Metode penelitian dan pengembanganyang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan menurut Sugiyono. Adapun langkah-langkah penelitian menurut Sugiyono (2015) sebagai berikut (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasidesain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi massal. Penelitian dan pengembangan milik Sugiyono ini digunakan peneliti sebagai acuan karena mudah dipahami dan sesuai dengan kebutuhan peneliti dalam mengembangkan media pembelajaran untuk peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Bungo. Penelitian dan pengembanganini menghasilkan produk media pembelajaran Intraberbasis Android Studiodengan materi sejarah KerajaanSriwijayayang dikemas dalam bentuk aplikasidengan format apk. Produk media pembelajaran ini telah melalui tahap uji validitas produk oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil validasidiperoleh persentase sebesar 90% dari ahli materi dan 93% dari ahli media hal ini menunjukkan bahwa produk media pembelajaran Intra sangat valid. Selanjutnya pada uji keefektifan produk diperoleh persentase sebesar 92% dari uji coba kelompok kecil dan 93% dari uji coba kelompok besar hal ini menunjukkan bahwa produk media pembelajaran Intra sangat efektifdigunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192054

Actions (login required)

View Item View Item