Perkembangan pendidikan berbasis madrasah di Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan / Najmah Zahiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Perkembangan pendidikan berbasis madrasah di Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan / Najmah Zahiroh

Zahiroh, Najmah (2020) Perkembangan pendidikan berbasis madrasah di Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan / Najmah Zahiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perjalanan perkembangan pendidikan di masing-masing daerah tentu berbeda-beda. Demikian terjadi di Desa Payaman yang menjadi lokasi penelitian ini. Perkembangan pendidikan di desa ini diawali oleh lembaga pendidikan non-formal keagamaan kemudian bertransformasi menjadi lembaga pendidikan berwujud yayasan yang menyediakan deretan lembaga pendidikan formal berbasis madrasah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan serta menganalisis upaya-upaya dalam mengembangkan pendidikan perkembangan berbasis madrasah melalui teori Archer tentang morphogenetic social. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi morphogenesis pada perkembangan pendidikan di Desa Payaman. Proses ini ditandai dalam tiga momen yaitu masa langgar dan ngaji sorogan masa pondok pesantren serta masa yayasan dan madrasah. Tokoh agama bertindak sebagai agen selalu melakukan morphogenesis untuk melakukan adaptasi akibat terjadinya perubahan struktur dan kultur masyarakat desa. Serangkaian penyesuaian perubahan struktur dan kultur juga memunculkan strategi pendidikan ini tidak luput dari kondisi struktur dan kultur religius masyarakat Desa Payaman sehingga lembaga-lembaga pendidikan yang dimunculkan tidak lepas dari pendidikan berbasis madrasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/191573

Actions (login required)

View Item View Item