Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan lectora inspire 18 pada materi dinamika kependudukan di indonesia / DWI CAHYANINGRUM - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan lectora inspire 18 pada materi dinamika kependudukan di indonesia / DWI CAHYANINGRUM

Cahyaningrum, Dwi Cahyaningrum (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan lectora inspire 18 pada materi dinamika kependudukan di indonesia / DWI CAHYANINGRUM. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan media pembelajaran ini di dasarkan pada permasalahan yang terjadi saat ini yaitu kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran terlebih guna menghadapi tuntutan pembelajaran pada abad ke-21 dan masa pandemi Covid-19. Media pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan siswa guru dan karakteristik mata pelajaran. Fenomena ini lah yang menjadi sebuah peluang dalam melakukan inovasi di bidang pendidikan. Tujuan dilaksanakan penelitian pengembangan yaitu menghasilkan produk media pembelajaran yang inovatif. Media yang direncanakan ialah media pembelajaran interaktif dengan Lectora Inspire 18. Model pengembangan yang diambil pada penelitian ini ialah model pengembangan yang diadaptasi dari model desain instruksional ADDIE yang meliputi tahap Analisis (analysis). Desain (design) Pengembangan (development) implementasi (Implement) dan evaluasi (evaluation). Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Dinamika Kependudukan di Indonesia yang telah disesuaikan dengan kurikulum 2013 revisi. Subjek uji coba dari penelitian ini adalah guru geografi dan siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Malang. Media pembelajaran yang dikembangkan telah di uji validitas oleh ahli materi dan ahli media untuk mendapat revisi dan kevalidan dalam pengembangan produk. Hasil akhir berupa program atau perangkat lunak (Software) dengan format html yang dapat diakses melalui mobile phone saat berada dimana saja dan kapan saja sehingga dapat mempermudah pengguna dalam menggunakan media pembelajaran. Produk akhir telah diaplikasikan untuk mendapat respon guru geografi dan siswa. Tanggapan guru dan siswa terhadap media pembelajaran interaktif dengan Lectora Inspire 18 yang telah dikembangkan sangat baik. Analisis validasi ahli materi validasi ahli media serta angket tanggapan guru dan siswa menunjukan angka 88 15% sehingga dapat diartikan bahwa media pembelajaran interktif dengan Lectora Inspire 18 untuk siswa kelas XI pada materi Dinamika Kependudukan di Indonesia dapat dikategorikan sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/191557

Actions (login required)

View Item View Item