Model pembelajaran pendekatan problem posing secara kelompok dan secara individu terhadap prestasi belajar fisika pokok bahasan fluida tak bergerak siswa kelas I SMU Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / oleh Nurel Amelya - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran pendekatan problem posing secara kelompok dan secara individu terhadap prestasi belajar fisika pokok bahasan fluida tak bergerak siswa kelas I SMU Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / oleh Nurel Amelya

Amelya, Nurel (2007) Model pembelajaran pendekatan problem posing secara kelompok dan secara individu terhadap prestasi belajar fisika pokok bahasan fluida tak bergerak siswa kelas I SMU Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / oleh Nurel Amelya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK hmelya Nurel. 2003. Model Pembelajaran Pendekatan Problem Posing Secara Kerja Kelompok dan Secara Individu Terhadap Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasqn Fluida Tok Bergerak pada Siswa Kelas I SMU Negeri I Lawang KabupatenM alang. Skripsi J wusanP endidikanF isika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing( l) Drs. Eddy Supramono( If Drs. Djoko SarwonoM .Si Krta kunci pendekatapnr oblemp osings ecarak erjak elompok p endekatan problemp osings ecarain dividu p restasbi elajarf isika Salah satu faklor penyebab rendahnya prestasi belajar siswa adalah Wrencanaadna n implementasip embelajarany ang dilakukan oleh para guru fisika .yang masih dilandasi metode transfer informasi atau masih menganut pandangan behavioristiky ang mana aktivitas guru lebih menonjol dari pada siswa. Untuk itu dewasa ini telah dikembangkan berbagai pendekatan untuk memperbaiki mutu prnbelajaran fisika salah satunya adalah pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatanp roblem posing. Dari berbagai hasil penelitian pendekatanp roblem posingd apatm eningkatkanp restasib elajar siswa karenap ada pendekatanin i siswa dituntuut ntuk aktifberperand alamp rosesp embelajarardyi sampingit ujuga dengan pendekatainn i akanm embanguns truktur kogrritif siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti meneliti tentang model pembelajarapnr oblem posing denganp endekatans ecarak eq-ak elompok dan secara individut erhadapp restasib elajar pokok bahasanfl uida tak bergerakp adas iswak elas I SMU Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahupi erbedaanp restasib elajar fisika siswa antaray ang model pembelajaran pendekatanp roblem posing secara kerja kelompok dengan model pembelajaran pendekatapnr oblem posing secarain dividu Penelitiani ni termasukp enelitiane ksperimens emu.U ntuk respondend ibagi menjaddi ua kelompokb erdasarkakne lasy aitu l) kelompokI adalahk elasl -5 yang diberikanm odel pembelajarand enganp endekatanproblemp osing secarain dividu 2) kelompok II adalah kelas 1-6 yang diberikan model pembelajaran dengan pendekatan problemp osing secarak erja kelompok.D alam pelaksanaapne nelitiani ni setelah responden diberikan model pembelajaran dengan dua pendekatan pada pokok bahasanfl uida tak bergerak m aka respondend iberi tes akhir yang hasilnyad ijadikan indikatorp restasilb elajar siswa untuk mata pelajaranf isika pokok bahasanfl uida tak bergerak. Populaspi enelitiani ni adalahs iswak elasI SMU Negeri I Lawangs emesteIrI tahun ajaran 2002/2003 yang terdiri dad l0 kelas dengan jumlah siswa 360 orang. sampel yang diambil sebanyak 70 siswa yaitu pada kelas 1-5 dan 1-6. Teknik pngambilan sampel adalah dengan teknik porpusive sampling atau sampling disengajap emilihani ni dilakukank arenak elasy angd ipilih diajarkano leh guruy ang samaj u mlah siswa yang relatif samad an kedua kelasj uga mempunyaik emampuan yang sama. Sedangkan untuk menentukan sampel yang menjadi responden adalah dengante knik total sampling. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwa tidak ada perbedaanp restasib elajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran pendekatan problem posings ecarak eqa kelompok dan pendekatanp roblem posing secarai ndividu. Berdasarkahna sil penelitian m aka dapatd ikemukakanb eberapas arany aitu l) Bagt SMUN egeri 1 Lawang p embelajarand enganp roblem posing secarak erja kelompok hendaknyma enggunakans trategi lain dalam pembagiank elompok misalnyad engan tutors ebayad an kooperatif karenah al ini akan mempengaruhpi rosesp embelajaran. 2) Pembelajarand enganp endekatanp roblem posing tetap dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran fisika di sekolah karena berdasarkan teori pembelajaran denganp endekatanp roblem posing di samping dapat membuat siswa aktif dalam kegiatanp embelajaranju ga membuat siswa lebih bertanggungja wab dalam proses belajamya3 ) Bagi peneliti lain yang ingin melaksanakanp enelitian tentang model pembelajaranp endekatanp roblem posing hendaknyam enggunakank elas kontrol yaituk elasy ang tidak diberikan model pembelajaranin i tetapi diberikanp ngamatan unfuk membandingkakne las yang diberi pendekatanp roblem posing dan kelas yang anpap endekatapnr oblemp osing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19124

Actions (login required)

View Item View Item