Efektivitas pembelajaran fisika dengan metode demonstrasi dan kegiatan laboratorium terhadap prestasi belajar fisika siswa secara kelompok pada siswa kelas II SLTP Negeri 2 Malang / oleh Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran fisika dengan metode demonstrasi dan kegiatan laboratorium terhadap prestasi belajar fisika siswa secara kelompok pada siswa kelas II SLTP Negeri 2 Malang / oleh Sri Wahyuni

Wahyuni, Sri (2007) Efektivitas pembelajaran fisika dengan metode demonstrasi dan kegiatan laboratorium terhadap prestasi belajar fisika siswa secara kelompok pada siswa kelas II SLTP Negeri 2 Malang / oleh Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK WahyunSi ri. 2003.E fektivitasP embelajaranF isika denganM etodeD emonstrasi dan Kegiatan Loboratorium terhadap Prestasi Belajar Fisika secara Keloupokpado Siswa Kelas II SLTP Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan PendidikaFni sikaF MIPA UniversitasN egeriM alang.P embimbing( l ) Drs. EddyS upramondoa n( II) Drs. SutrisnoM .T. Krtq kunci m etoded emontraski e giatanla boratoriump restasbi elajar. Rendahnynail ai sertad ayas eraps iswat erhadapm atap elajaranfi sika disebabkoalne hb eberapfaa ktor a ntarala in yaitu penggunaamn etodep embelajaran yangk urangte pat.M etoded emonstrasdia nk egiatanla boratoriumm erupakan metodpee mbelajarayna ngd apatm elibatkans iswas ecaraa ktif dalamk egiatan pmbelajarafnis ika. Metoded emonstasai dalahm etodep embelajaradne nganm enunjukkan prosepse rcobaamn ulaid ari mengenalkaanl at m erakita lat sampahi asila khir yang menjadtui juanp ercobaan. Kegiatanla boratoriuma dalahs uatum etodem engajadr i laboratoriumd imana siswamelakukapne rcobaasne suami aterip elajarany angs edangb erlangsung. Penelitiainn i dilaksanakapna dasemeste2r tahuna jaran2002/200y3a itu padab ulanF ebruarsi ampadi enganM aretb ertempadt i SLTPN egeri2 Malang. Sampeyal ngd igunakans ebanya2k kelasy angb erjumlah4 4 dan4 3 siswa. Pengambilsaanm peml enggunakatne knik acakk elompok.S ampepl enelitiand ibagi atas2 kelompoyka ngm asing-masinkge lompokd iberip erlakuany angb erbeday aitu I kelompokd enganm etoded emonstrasdi an I kelompokd engank egiatan lrboratoriumS.e belump erlakuand iberikanp adak epadak eduak elast ersebut terlebidha hulud iukurk emampuana walm asing-masinkge lompokd engan menggunaktaensa wal.S edangkaunn tukm engukurp restassi iswad igunakante s akhirs etelamh asing-masinkge lompokd iberi perlakuan. Untukm engetahupie rbedaapnr estasbi elajars iswaa ntaram asing-masing kelompodki gunakante knika nalisisu ji-t. Hasilp enelitianm enunjukkanb ahwa terdapapte rbedaapnr estasib elajarf isika sisway ang diberi pembelajarand engan kegiatalna boratoriumd an yang diberi pembelajarand enganm etoded emonshasi pedata rafs ignifikans5i %oy a itut hitun s 4 820 tr ua 1 6658K. arenat hitun) et aber berartei rdapapte rbedaayna ngs ignifikana ntarap restasbi elajarf isika yangdiberi pnbelajarand enganm etoded emonstrasdi any angdiberip embeat jarand engan kegiatalna boratoriumB. erdasarkann ilai rata-ratap restasib elajark elasy ang diberi kcgiatalna boratoriumad alah77. 34lel biht inggi dari kelasy angd iberim etode demonstaysai itu6 5 139.S ehinggad apatd isimpulkanb ahwap embelajaradne ngan tegiatalna boratoriumle bihe fektif dibandingkanp embelajaradne nganm etode demonstrasi. Karenak egiatanla boratoriumle bih efektif dibandingkand enganm etode domonshamsai kas ebaiknyap embelajarafnis ika dilakukand engank egiatan laboratoriumag arp restasis iswa dapatm eningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19120

Actions (login required)

View Item View Item