Penerapan media gambar kartun dalam pengajaran fisika pokok bahasan momentum dan impuls dan pengaruhnya terhadap sikap, minat, motivasi belajar, dan prestasi belajar fisika siswa kelas 1 SMUN 7 Malang / oleh Awalur Rijal - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media gambar kartun dalam pengajaran fisika pokok bahasan momentum dan impuls dan pengaruhnya terhadap sikap, minat, motivasi belajar, dan prestasi belajar fisika siswa kelas 1 SMUN 7 Malang / oleh Awalur Rijal

Rijal, Awalur (2007) Penerapan media gambar kartun dalam pengajaran fisika pokok bahasan momentum dan impuls dan pengaruhnya terhadap sikap, minat, motivasi belajar, dan prestasi belajar fisika siswa kelas 1 SMUN 7 Malang / oleh Awalur Rijal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK . Rijal. Awalur. 2a03. Penerapan Media Gambar Kartun Dalam pengajaran Fisika PokokB ahosan] ulamentumd an Impuls dan pengaruhnyiTerhadap Siknp Minat Motivosi Belajar dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelqs I SM(N 7 Malang. Slaipsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIpA Universitas Negeri Malang.P embimbing(I ) Drs. SumardjiA dikusumo M .Si (II) Dr. Arief Hidayat. Krta kunci Media gambar kartun Momentum daa tmpuls sikap minat motivasi presatasbi elajar. Pendidikan bisa terwujud dengan baik bila mutunya dapat di tingkatkan. Mutu pendidikanb erhasilt ercapaij ika prosesb elajarm engajare fektif efisien sertat eknik danm etodey ang digunakang uru bisa membangkitkans ikap minat motivasi belajar siswa yang positif untuk belajar dan untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah yaitu untuk mengetahui apakah media gambar kartln cukup efektif untuk mengubahs ikap minat motivasi dan prestasib elajar fisika siswa kelas I SMUN 7 Malans. Penelitian ini adalah penelitiin semu. Disebut demikian karena siswa yang termasukd alamk elask elompoke ksperimend an kelask elompok kontrol tidak dapat dilakukanp engacakanP. erlakuank epadas ubjekp enelitians iswad iajar dengan menggunakamn edia gambark artun sedangkank elompok kontrolnyas iswad iajar denganp engajaranb iasa.P opulasip enelitians iswa sMUN 7 Malang kelas I semester I tahuna jaran2 a022003 yang semuanyab erjumlah2 74 siswa t erbagi menjadit ujuh kelas. Sampel penelitian diambil dari populasi yang ada terdiri dari dua kelas yaitu kelas Ie yang berjumlah 37 siswa dan kelas b yngberjumlah 37 siswa. Teknik pengumpuland ata untuk datak emampuana wal prestasid iperolehd ari nilai ujian materis ebehunnyas kor angketa wal sikap m inat dan motivasi diambil sebelum diberikanp erlakuand bn skor kemampuana khir prestasi s kor angketa khir sikap minat dan motivasi diambil setelah diberikan perlakuan. Kemudian data dianalisis melalui uji-t dengan bantuan komputer. Dari hasia nalisisd atar nengenapi erbandingapno st ess ikapb elajar m inat belajar m otivasi belajar d an prestasib elajard iperolehn ilai 166 U ntuk sikap belajar m inatb elajar m otivasib elajar d anp restasbi elajarm asing-masing2 0l77l 2 36454 2 55441 2 01771lebbihe sard ari nilai to.o1sa r zzyya itu 1.99346D. engan demikian hasil penelitian sebagai berikut FLditerima berarti ada pengaruh media gambar kartun terhadap sikap minat motivasi belajar prestasi belajar siswa kelas I SMUN 7 Malang. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah ada pengaruh media gambar kartunterhadap sikap minat motivasi belajar prestasi belajar siswa kelasI SMUN 7 Malang.B erdasarkanp enelitiani ni disarankana gard ilakukan penelitianl ebih lanjrrt mengenaip engembangadna n eksperimentasmi ediay ang sejenisi ni padam asalahp embelajaranM omentumd an Impuls dan pembelajaran pendidikan fisika pada umumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19119

Actions (login required)

View Item View Item