Analisis level kognitif soal pada buku teks geografi kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas kelas XI ditinjau dari kognisi bloom dan berpikir spasial / Agnes Clarita Manurung - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis level kognitif soal pada buku teks geografi kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas kelas XI ditinjau dari kognisi bloom dan berpikir spasial / Agnes Clarita Manurung

Manurung, Agnes Clarita (2020) Analisis level kognitif soal pada buku teks geografi kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas kelas XI ditinjau dari kognisi bloom dan berpikir spasial / Agnes Clarita Manurung. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu sumber belajar yang paling sering digunakan serta dapat menunjang proses belajar siswa adalah buku teks. Buku teks dalam penyajiannya tidak hanya berisi materi melainkan juga memuat evaluasi berupa soal. Ketersediaan soal dan latihan menjadi pembeda antara buku teks dengan jenis buku lainnya. Kemampuan berpikir spasial dibutuhkan siswa abad 21. Oleh karena itu dalam mempelajari ilmu geografi siswa akan dilatih untuk mengembangkan cara berpikir spasial salah satunya dengan cara pemberian latihan soal berpikir spasial. Pendidikan di Indonesia merujuk pada perkembangan pendidikan di tingkat internasional. Cara yang diambil pemerintah untuk mewujudkan kualitas penilaian seperti standar internasional adalah dengan menerapkan soal HOTS. Penyusunan soal biasanya disesuaikan dengan klasifikasi tingkat kognitif berdasarkan taksonomi Bloom. Tujuan pertama dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas soal buku teks yang diujikan kepada peserta didik ditinjau dari level kognitif Bloom. Kedua untuk menganalisis penggunaan alat representasi konsep ruang dan proses penalaran pada soal. Komponen tersebut dapat mendukung kemampuan berpikir spasial yang terbilang esensial dalam pembelajaran geografi. Tujuan ketiga untuk mengetahui keterkaitan antara level kognitif model Bloom dengan level kognitif dalam berpikir spasial. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menjadikan buku teks sebagai subjek penelitian. Buku teks yang digunakan untuk penelitian ini adalah buku teks geografi terbitan Mediatama karangan Aji Arifin dan Erlangga karangan Yasinto Sindhu P. Analisis dilakukan pada 70 soal dari kedua buku teks tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dokumen dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebaran level kognitif beradasarkan taksonomi Bloom revisi pada buku teks geografi terbitan Erlangga didominasi oleh tingkatan kognitif lower order thinking skills yaitu sebesar 43%. Sedangkan buku teks geografi terbitan Mediatama didominasi oleh kemampuan berpikir higher order thinking skills yaitu sebesar 40%. Soal pada buku teks geografi Erlangga maupun Mediatama tidak ada yang teridentifikasi sebagai soal berpikir spasial meskipun demikian masih ditemukan komponen konsep ruang dan proses penalaran. Soal yang terindikasi berpikir spasial yaitu konsep ruang paling banyak tersebar pada level middle order thinking skills dan higher order thinking skills. Sedangkan proses penalaran memiliki karakter level kognitif soal yang hampir mirip dengan Bloom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/191140

Actions (login required)

View Item View Item