Pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi edmodo terhadap kemampuan berpikir analitis siswa geografi kelas x man 1 malang / Fariska Septerina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi edmodo terhadap kemampuan berpikir analitis siswa geografi kelas x man 1 malang / Fariska Septerina

Septerina, Fariska Septerina (2021) Pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi edmodo terhadap kemampuan berpikir analitis siswa geografi kelas x man 1 malang / Fariska Septerina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Modelproblem based learningdigunakan dalam penelitian ini karena beberapa hal antara lain (1)problem based learningdapat digunakan untuk melatih berpikir tingkat tinggi siswa (2)problem based learningsalah satu model yang diterapkan dalam kurikulum 2013 (3)problem based learningmendorong proses pemanfaatan dan pengembangan belajare-learning. Modelproblem based learningmerupakan model pembelajaran menekan pada proses pemecahan masalah berdasarkan masalah konkret yang dihadapi siswa dalam kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modelproblem based learningberbantuanedmodoterhadap kemampuan berpikir analitis siswa geografi kelas X MAN 1 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan modelproblem based learningberbantuedmododan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dan X IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir analitis berupa soal essay atau uraian sebanyak 4 butir dengan beberapa soal mempunyai 3 sub soal. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis penelitian ini menggunakangain scoredan uji-t pada IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modelproblem based learningberbantuanedmodoberpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa geografi kelas X MAN 1 Malang. Temuan tersebut diperoleh dari nilaigain scorekelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dan hasil Uji-t sebesar 0 020. Hasil tersebut menunjukkan bahwa probabilitas lt 0 05 sehingga H0ditolak dan H1diterima. Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah pertama problem based learningtidak dapat diterapkan pada semua materi pembelajaran. Keduaproblem based learningakan lebih efektif dan efisien jika menggunakan alat bantu berupaedmodo. Ketiga modelproblem based learningberbantuedmododalam pembelajarandaringmemerlukan beberapa alternatif solusi untuk mengatasi keterbatasan seperti kendala pada kuota dan jaringan internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/191139

Actions (login required)

View Item View Item