Analisis kesulitan guru geografi dalam pembelajaran di kota kediri pada masa pandemi corona virus diseases 2019 (covid 19) / GHOLIB AHMAD FARUQI - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesulitan guru geografi dalam pembelajaran di kota kediri pada masa pandemi corona virus diseases 2019 (covid 19) / GHOLIB AHMAD FARUQI

Faruqi, Gholib Ahmad Faruqi (2021) Analisis kesulitan guru geografi dalam pembelajaran di kota kediri pada masa pandemi corona virus diseases 2019 (covid 19) / GHOLIB AHMAD FARUQI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi banyak aspek salah satunya pada aspek pendidikan pada jenjang SMA pemerintah memberi kebijakan berupa pembelajaran dilakukan secara Daring. Kebijakan dari pemerintah tersebut menimbulkan masalah dan menimbulkan kesulitan pada pelaksanaan pembelajaran geografi kesulitan yang muncul dalam pembelajaran geografi pada masa pandemi COVID 19 yang dialami guru geografi yaitu merencanakan menerapkan dan mengevaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kesulitan yang dialami guru geografi SMA di Kota Kediri (2) Mengetahui faktor yang menyebabkan kesulitan yang dialami guru geografi SMA di Kota Kediri (3) Mengetahui upaya guru geografi SMA di Kota Kediri mengatasi kesulitan yang dialami dalam pembelajaran geografi pada masa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 guru geografi pada 18 SMA Negeri dan Swasta di Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan kuesioner. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap editing skoring tabulasi dan analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan pada guru geografi pada perencanaan pembelajaran terdapat di indikator mengintegrasikan program penguatan literasi dalam pembelajaran sebesar 40% artinya terdapat 12 guru dari 30 guru mengalami kesulitan pada pelaksanaan pembelajaran kesulitan pada indikator dalam membimbing peserta didik untuk berpikir kritis analitis dan tepat dalam mengidentifikasi suatu permasalahan dengan persentase kesulitan sebesar 47% artinya terdapat 14 guru mengalami kesulitan dari total 30 guru pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran terletak pada indikator penilaian kelompok guru mengalami sangat kesulitan dalam melakukan penilaiannya persentase guru mengalami kesulitan adalah 63% artinya 19 guru dari total 30 guru mengalami kesulitan. Sekolah yang dikategorikan sebagai sekolah yang mengalami sangat kesulitan diantaranya adalah yaitu SMA Negeri 1 Kota Kediri SMA Negeri 4 Kota Kediri dan SMA Swsata Diponegoro. Sedangkan sekolah yang mengalami kesulitan diantaranya SMA Negeri 3 Kota Kediri SMA Negeri 8 Kota Kediri SMA Swasta Brawijaya MA Negeri 1 Kota Kediri SMA Swasta Islam YPA SMA Swasta Al- Anwar. Faktor kesulitan tertinggi pada sub variabel penyebab dari peserta didik. Persentase penyebab dari peserta didik tertinggi yaitu 73% (22 dari 30) guru memilih jawaban bahwa peserta didik kesulitan sehingga peserta didik menjadi tidak aktif saat pembelajaran masa covid 19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/191138

Actions (login required)

View Item View Item