Pengembangan multimedia interaktif menggunakan e-learning moodle mata pelajaran geografi pokok bahasan air tanah / DIWAN NUR AZIAN - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif menggunakan e-learning moodle mata pelajaran geografi pokok bahasan air tanah / DIWAN NUR AZIAN

Azian, Diwan Nur Azian (0000) Pengembangan multimedia interaktif menggunakan e-learning moodle mata pelajaran geografi pokok bahasan air tanah / DIWAN NUR AZIAN. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Azian Diwan Nur. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Geografi Pokok Bahasan Air Tanah Menggunakan E-learning Moodle. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (2) Prof Dr. Sugeng Utaya M.Si Kata kunci Multimedia Interaktif Air Tanah Proses pembelajaran mata pelajaran geografi membutuhkan media pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran karena materi geografi terdapat banyak konsep konkret apabila tidak terdapat media pembelajaran siswa akan kebingungan dan tidak dapat memahami materi dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa menyampaikan bahwa siswa mengalami kendala saat memahami materi apabila materi tersebut pada proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa. Salah Satu terobosan atau alternatif yang dapat diberikan pengembang adalah multimedia pembelajaran interaktif menggunakan e-learning moodle. Penggunaan multimedia pembelajaran interaktif dari beberapa sumber penelitian terdahulu didapati bahwa multimedia pembelajaran interaktif dapat meningkatkan minat siswa terhadap materi yang sedang dipelajari. Selain itu media ini dapat diakses secara online oleh siswa maupun guru yang mana sesuai dengan keadaan sekarang yang membutuhkan media yang dapat diakses secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran geografi pokok bahasan air tanah selanjutnya tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan validitas multimedia pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan untuk proses pembelajaran di kelas. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model penelitian ADDIE (analysis design development implementation evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 07 Malang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI dan XII. Prosedur pengembangan media ini terdiri dari analisis kebutuhan yang terdiri dari analisis karakteristik siswa. Analisis kurikulum dengan materi kemudian dan analisis media yang telah ada desain produk penelitian lalu pengembangan media pembelajaran Ujicoba dilakukan pada 34 siswa kelas xi dan xii. Berdasarkan hasil analisis penilaian validator ahli dan uji coba lapangan diketahui hasil uji validasi ahli media mendapatkan skor persentase sebesar 95% ahli materi mendapatkan skor persentase 95% dan uji coba lapangan mendapatkan skor persentase sebesar 85% sehingga didapatkan skor rata-rata keseluruhan hasil uji validitas dan uji lapangan sebesar 92%. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran interaktif yang telah dilakukan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/191136

Actions (login required)

View Item View Item