Pengaruh model problem based learning berplatform edmodo terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Rejotangan / Feny Septian Tantrianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning berplatform edmodo terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Rejotangan / Feny Septian Tantrianti

Tantrianti, Feny Septian (2021) Pengaruh model problem based learning berplatform edmodo terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Rejotangan / Feny Septian Tantrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Problem Based Learning berplatform Edmodo sangat bagus digunakan dalam meningkatkan hasil belajar geografi. Akan tetapi pada praktiknya pembelajaran yang saat ini digunakan masih belum mampu memenuhi harapan tersebut. Dalam mewujudkan harapan tersebut perlu adanya inovasi pembelajaran yang mudah diakses siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu menggunakan Problem Based Learning berplatform Edmodo. Penggunaan model Problem Based Learning berplatform Edmodo terhadap hasil belajar siswa belum digunakan dalam mata pelajaran geografi. Maka dari itu penelitian perlu dilakukan untuk membuktikan apakah pengaruh model dapat diterapkan dalam pembelajaran kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model Problem Based Learning berplatform Edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Rejotangan. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Subyek penelitian adalah XI MIPA 4 (eksperimen) dan XI MIPA 5 (kontrol). Instrumen penelitian berupa 5 butir soal uraian yang telah diuji sebelumnya menggunakan uji validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil analisis uji non parametrik Mann-Whitney membuktikan bahwa nilai sig 0.005 nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol maka Ho ditolak. Hal tersebut berarti model Problem Based Learning Berplatform Edmodo berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Rejotangan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berplatform Edmodo berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Rejotangan. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka saran yang dapat diberikan yaitu bagi guru mata pelajaran dapat menggunakan model Problem Based Learning berplatform Edmodo dan memasukkan sintak model. Bagi pihak sekolah menganjurkan guru-guru untuk menggunakan model Problem Based Learning berplatform Edmodo dan bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan model sejenis dengan materi berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/191135

Actions (login required)

View Item View Item