Pengembangan media pembelajaran komik digital materi Indonesia sebagai poros maritim dunia / Dewi Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran komik digital materi Indonesia sebagai poros maritim dunia / Dewi Pratiwi

Pratiwi, Dewi (2021) Pengembangan media pembelajaran komik digital materi Indonesia sebagai poros maritim dunia / Dewi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian pengembangan media Pembelajaran komik digital materi Indonesia sebagai poros maritim dunia bertujuan untuk menghasilkan media komik digital pada mata pelajaran kelas XI SMA/MA materi Indonesia sebagai poros maritim dunia. Jenis dari penelitian ini adalah Research and Development (R D) dengan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahapan pada model ADDIE yakni Analysis Design Development Implementation and Evaluation. Validasi media dilakukan oleh para ahli yang mumpuni di bidangnya meliputi ahli media ahli materi dan ahli bahasa. Media yang dikembangkan selanjutnya diujicobakan kepada 57 siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 di MAN 2 Banyuwangi. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan media berupa komik digital materi Indonesia sebagai poros maritim dunia yang dapat diakses melalui blog url atau aplikasi line webtoon secara online maupun offline dengan menggunakan smartphone atau laptop secara mandiri atau terstruktur dalam kegiatan pembelajaran oleh siswa. Media yang dikembangkan mendapatkan nilai yang baik oleh para ahli dan siswa dengan persentase 91 4% yang termasuk kedalam point sangat layak. Dalam uji coba produk kepada siswa mendapatkan nilai 81% yang mana berdasarkan kualifikasi kualitas produk menunjukan sangat sesuai atau sangat layak dan hasil tes pemahaman rata-rata siswa mendapatkan nilai 72 poin dari 100 poin atau tergolong baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/191134

Actions (login required)

View Item View Item