Perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang diajar dengan metode praktikum dan siswa yang diajar dengan metode demonstrasi di kelas II SMUN 1 Pamekasan Madura Jawa Timur / oleh Mabruratul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang diajar dengan metode praktikum dan siswa yang diajar dengan metode demonstrasi di kelas II SMUN 1 Pamekasan Madura Jawa Timur / oleh Mabruratul Hasanah

Hasanah, Mabruratul (2007) Perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang diajar dengan metode praktikum dan siswa yang diajar dengan metode demonstrasi di kelas II SMUN 1 Pamekasan Madura Jawa Timur / oleh Mabruratul Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasanah Mabruratul. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation dengan Scaffolding terhadap Penguasaan Konsep Fisika Ditinjau dari Kerja Ilmiah Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pamekasan. Tesis. Jurusan Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes H. M. Pd. MA. (II) Dr. Siti Zulaikah S. Pd M. Si. Kata kunci Group Investigation Scaffolding penguasaan konsep kerja ilmia h. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika pada SMAN 2 Pamekasan menunjukkan bahwa penguasaan konsep fisika siswa kelas XI IPA rendah. Enam puluh persen dari jumlah siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Hal itu terjadi karena siswa kurang aktif dalam menemukan sendiri konsep yang dipelajari dan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dalam pembelajaran sehingga penguasaan konsep di SMAN 2 Pamekasan rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI dengan scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika siswa ditinjau dari kerja ilmiah untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran GI dengan scaffolding dan kerja ilmiah terhadap penguasaan konsep fisika siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan faktorial. Sampel diambil dengan cara acak kelompok dan diperoleh kelas XI IPA 3 dan XI-IPA4 sebagai kelompok kontrol belajar dengan menggunakan model pembelajaran GI dan kelas XI-IPA1 dan XI-IPA2 sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran GI dengan scaffolding. Penelitian ini dilakukan pada Kompetensi Dasar 1.3 dan 1.4. Instrumen penelitian adalah intrumen perlakuan berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang didalamnya terdapat scaffolding dan intrumen pengukuran yang terdiri dari tes kerja ilmiah dan tes penguasaan konsep. Instrumen pengukuran penguasaan konsep dan kerja ilmiah diuji dengan validasi butir soal menggunakan korelasi biserial yang menghasilkan butir soal valid dalam rentang (0 226 s.d 0 902) dan koefisien reliabilitas soal adalah 0 83 dan 0 82. Data penelitian berupa kemampuan kerja ilmiah dan penguasaan konsep yang dibagi menjadi kelas atas-bawah berdasarkan kemampuan kerja ilmiah yang telah diuji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dianalisis dengan uji parametrik menggunakan ANAVA Dua Jalur. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari model pembelajaran GI dengan scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika siswa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari kerja ilmiah terhadap penguasaan konsep fisika siswa terdapat interaksi antara kerja ilmiah dan model pembelajaran GI dengan scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19105

Actions (login required)

View Item View Item