Efektivitas pembelajaran berbasis aktivitas dan pembelajaran konvensional ditinjau dari keterampilan proses fisika siswa SLTP kelas II di Kota Malang / oleh Bambang Sriyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran berbasis aktivitas dan pembelajaran konvensional ditinjau dari keterampilan proses fisika siswa SLTP kelas II di Kota Malang / oleh Bambang Sriyono

Sriyono, Bambang (2007) Efektivitas pembelajaran berbasis aktivitas dan pembelajaran konvensional ditinjau dari keterampilan proses fisika siswa SLTP kelas II di Kota Malang / oleh Bambang Sriyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajarakno nvensionaal dalahp embelajarayna ngb erdasarkaknu rikulum lPA 1994y angd isempumakadna nt erdiri dari metodec eramaht a nyaj awab d iskusi demonstrasdia np raktikum.P embelajarakno nvensionailn i menekankapna da keterampilapnr osesn amunb anyaknyarn aterip elajaranIP A di dalamk urikulurn 1994y angd isempumakayna ngh arusd isampaikank epadas iswam enyitab anyak waktus ehinggad alamp elaksanaannykau rangm embantus iswau ntukm engembangkan keterampilan proses yang dimilikinya melalui kegiatan diskusi dan praltikum. Pembelajarabne rbasisa ktivitasd imaksudkanu ntukm engembangkapno tensi-potensi yang dimiliki oleh siswa secarau tuh melalui serangkaiank egiatans ehingga keterampilanp rosesy ang dimilikinya dapatm eningkat.P embelajaranb erbasis aldivitas adalahp embelajarany ang berdasarkank urikulum IPA terpadud an terdiri dari metodep emecahamn asalahQ troblems olving) eksperimedna nd iskusi. Penelitianin i bertujuanu ntukm engetahupi embelajaramn anay angl ebih efektifantarap embelajarabne rbasisa ktivitasd anp embelajarakno nvensionadl itinjau dari keterampilanp rosesf isika. Jenisp enelitianin i adalahq uasie xperimendt anr ancanganp enelitiany ang digunakana dalahstaticg roupc ompqrlsonP. opulasdi alamp enelitianin i adalah semuas iswak elast r sLTP Negeri 8 Malangy angb erjumlahd elapank elasd ans iswa kelasI I SLTPN egeri5 Malangy angb erjumlahs ebelask elas.S ampedl iambil denganm enggunakatne knik pengambilans ampeyl aitu acakk elompok.T eknik analisisd atay angd igunakand alamp enelitianin i adalahu ji t satup ihaky aitu pihak kanan. Hasil penelitianin i menunjukkanb ahwan ilai keterampilanp rosesfi sika siswa yangd iajarm enggunakapne mbelajarabne rbasisa ktivitasl ebih baik dari sisway ang diajar menggunakanp embelajarank onvensional.D engand emikianp embelajaran berbasisa ktivitasl ebihe fektifdibandingkand enganp embelajarakno nvensional ditinjaud ari keterampilanp rosesfi sika. Dari hasilp enelitianin i hendaknyap embelajarabne rbasisa klivitasy ang berdasarkank urikulum IPA terpadud apatd iterapkand i SLTP yang lain agar keterampilanp rosess iswad i SLTPy angl ain tersebudt apatm eningkat. . r-i ii i ) t r - i i .. . .t tt . .. i . t. 1 . ] _ i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19056

Actions (login required)

View Item View Item