Penerapan metode pembelajaran kooperatif dan metode pembelajaran demonstrasi untuk siswa kelas I cawu 2 SMU Negeri 1 Gending Probolinggo tahun pelajaran 2000/2001 pada pokok bahasan elastisitas / oleh Hari Sih Prayogo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif dan metode pembelajaran demonstrasi untuk siswa kelas I cawu 2 SMU Negeri 1 Gending Probolinggo tahun pelajaran 2000/2001 pada pokok bahasan elastisitas / oleh Hari Sih Prayogo

Prayogo, Hari Sih (2007) Penerapan metode pembelajaran kooperatif dan metode pembelajaran demonstrasi untuk siswa kelas I cawu 2 SMU Negeri 1 Gending Probolinggo tahun pelajaran 2000/2001 pada pokok bahasan elastisitas / oleh Hari Sih Prayogo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasbi elajarf isika siswak elasl SMU Negeri 1 GendingP robolinggo akhir-akhiirn i hasilnyak urangm emuaskanH. al ini ditandaid enganr endahnyan ilai fisikac awu 1. Kondisi ini disebabkano leh beberapafa ktor salahs atunyaa dalah penggunaamne todec eramahy ang tanpad ivariasi dengank egiatanp enrbelqiaranla ia misalnyad engand emostrasik erja kelompok dan sebag ainyaM- aka dalamp enelitian ini diajukand ua alternatif metodep embelajarany aitu metodep em.belajarakno operatif dan metode punbelajaran demonstasi. Penelitiani ni bertujuanu ntuk mengetahuai paloh adap erbedaanp restasi belajarf isika antaras isrvay ang diajar denganm etodep embelajarank ooperatifdan sisway angd iajar dengan.metodpee mbelajarand emonstrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan dua sampel yang terpisahd alams atup opulasi( IndependentS ample) y ang masing-masingk elompok diberip edakuany angb erbeda.S ebelumd iberi perlakuant erlebih dahulud iukur kemampuaanw al masing-masingk elompok denganm enggunakanp ra tes seda gkan prestasbi elejarf isika siswad iukur denganm enggunakanp ascat es. Populasid alam penelitianin i adalahs iswak elas 1 SMU Negeri t GendingP robolinggot ahun plajuan2000l200lyang berjumlah 161 sisw4 sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1r dan 1 yang jumlahnya 80 orang. Teknik pengambilan sampel dengan melihat nilai rala-rala pra tes dari empat kelas diarnbil dua kelas yang nilai rata-rata pra tes hampir sama dijadikan sampel penelitiaq kemudian untuk menentukan kelompok mana yang nemperoleh perlakuan ldan 2 dipilih secara acak Untuk menguji hipotesis yang isinya untuk mengetahui adanya perbedaan yang nyata antara dua metode dipakai teknik analisis uji-t. Dari hasil analisism enggunakanu ji-t didapath arga t sebesa2r 42 dan tr 1 99 pada tamf signifikansi 5% dengan dk (N N-2).Hal ini menuqiulkan bahrva ada perbedaapnr estasbi elajar fisika antaras isway ang diajar menggrmakamn etode kooperatifd anm etodep embelajarand emonstasi.D ari rata-ratan ilai hasil tes pre.strasi belajarf isika untuk kelompoky ang pembelajarannyako operatif 70 75 d n kelompokp ng pembelajarannyad emonstras6i 4 55 i ni menuqjukkanb ahwam etode pembelajuank ooperatifl ebih efektif dalam meningkatkanp restasbi elajar fisika padap okokb atrasane ladsitas.D engand emikian disarar an kepadag uru bidag studi fisika untukm enggunakanm etodep embelajarank ooperatif sertam engguakan metodein i dalamp enblitianp adap okok bahasany ang lain. lll

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19046

Actions (login required)

View Item View Item