Pengembangan model pembelajaran fisika dengan modul pada pokok bahasan usaha dan energi kelas I cawu 2 di MA. Miftahul Huda Kepanjen / oleh Herni Sukowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran fisika dengan modul pada pokok bahasan usaha dan energi kelas I cawu 2 di MA. Miftahul Huda Kepanjen / oleh Herni Sukowati

Sukowati, Herni (2007) Pengembangan model pembelajaran fisika dengan modul pada pokok bahasan usaha dan energi kelas I cawu 2 di MA. Miftahul Huda Kepanjen / oleh Herni Sukowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa salah satu usaha yang dapat dilalcukana ntara lain denganm enggunakanm odul. Karena modul dapat dibuat dan dikembangkasne ndirio lehg urub idangs tudid and isesuaikand engank ondisis ekolah maupun siswa. Tujuan penelitian ini untuk memperolehm odel pembelajarany ang memberikan hasil optimal dan mendapatkan tanggapan serta masukan dari siswa yangd apatd igunakanu ntuk mengembangd an memperbaikim odul. Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kehadiran peneliti di lokasi penelitian dalam pembelajaran sebagai pengamat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan wawancaraL. angkahp ertamaa dalahm enyusunm odul kemudianm eraksanakan uji coba modul yaitu menggunakan modul pada proses pembelajaran yang sebenamya melaksanakan test hasil akhimya merupakan informasi untuk memperbaiki kekurangan modul maupun proses belajamya dan evaluasi modul untuk mengetahui efektivitas modul yaitu dengan mengamati siswa mempelajari materi modul dan tingkah lakunya dalam prosesb elajar. cara pelaksaruranp roses pembelajarapna dau ji cobam odul ada lima yaitu pertama (l) siswab elajars ecara individq guru menerangkant u gas dikerjakan individu (2) siswa belajar kelompok guru menerangkans ecarag aris besar t ugas dikerjakan kelompok (3) siswa belajar berkelompok g uru tidak menerangkant u gas dikerjakan kelompok denganl aporan kelompok ( 4) siswa belajar berkelompok g uru menerangkang aris besarnyas aja tugasd ikerjakank elompokd enganla porani ndividu (5) siswab elajarb erkelompok gurum enerangkagna risb esamyas aj4 tugasd ikerjakanin dividu. Dari beberapac ara prosesp embelajarayna ng telah dilaksanakanh asit yang menunjukkan bahwa cara pelaksanaan proses belajar menggunakan modul yang dapat memberikan hasil belajar maksimal adalah berkelompok tugas dikedakan individu dan guru menerangkan secara garis besar materi dari setiap modul.Tanggapadna ri siswab ahwab elajarl ebih mudahs etelahm enggunakamn odul adzlah6 7 70/oS. ertaa danyam asukand ari siswap adas aatp rosesb elajarm engajar yang dapat digunakan untuk perbaikan dan melengkapi kekurangan modul

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19040

Actions (login required)

View Item View Item