Pengembangan buku bergambar mata pelajaran IPA kelas 3 semester 2 materi pokok cuaca dan pengruhnya bagi manusia di SDN Kebonagung PAsuruan / Dian Agustin Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku bergambar mata pelajaran IPA kelas 3 semester 2 materi pokok cuaca dan pengruhnya bagi manusia di SDN Kebonagung PAsuruan / Dian Agustin Purnamasari

Purnamasari, Dian Agustin (2011) Pengembangan buku bergambar mata pelajaran IPA kelas 3 semester 2 materi pokok cuaca dan pengruhnya bagi manusia di SDN Kebonagung PAsuruan / Dian Agustin Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media Buku Bergambar IPA Cuaca dan Pengaruhnya bagi Manusia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya visualisasi grafis (gambar) yang mutlak dipergunakan oleh karena itu keberadaanya memiliki fungsi antara lain sebagai berikut (1) menarik perhatian (2) mempertinggi kesukaan (3) memberi kemudahan mempelajari teks (4) memperbaiki pemahaman dan retensi (5) mengakomodasi pembaca lemah. Nyoto (1993). Salah satu contoh media visualisasi grafis adalah media cetak berupa buku bergambar. Penggunaan media dalam pembelajaran merupakan usaha untuk meningkatkan hasil belajar. Oleh karena itu penelitian ini akan menghasilkan media Buku Bergambar yang digunakan untuk pembelajaran IPA. Khususnya materi yang tidak dapat dijangkau oleh mata telanjang diantaranya Cuaca dan pengaruhnya Bagi Manusia. Tujuan dari Pengembangan ini adalah (1) memproduksi media buku bergambar dengan menggunakan program software corel draw menjadi buku bergambar yang diterapkan pada pembelajaran IPA kelas 3 semester 2 di SD Kebonagung Kota Pasuruan untuk mencapai tujuan pada pembelajaran IPA secara efektif (2) mendeskripsikan validitas Media buku bergambar pada siswa kelas III SD Kebonagung Pasuruan. Model pengembangan media diadopsi dari langkah-langkah oleh Sadiman ( 2009 101) yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) merumuskan tujuan (3) merumuskan butir-butir materi (4) mengembangkan alat pengukur keberhasilan (5) menulis naskah media (6) produksi media buku bergambar (7) menyusun petunjuk pemanfaatan (8) validasi oleh ahli media ahli materi dan Audiens di bagi menjadi 3 kelompok uji coba dan (9) revisi. Sumber data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam Pengembangan ini menggunakan beberapa instrumen antara lain angket (ahli media ahli materi siswa) dan tes (Pre Test dan Post Test). Hasil data kualitatif dan kuatitatif berasal dari validasi angket . Aspek-aspek yang divalidasi a) kualitas teknik dari ahli media ahli materi audiens b) Pemanfaatan c) hasil belajar siswa Dalam pengembangan media buku bergambar ini terdapat revisi antara lain (1) warna difokuskan tiap halaman selalu lebih menonjol daripada komponen-komponen yang lain (2) Jenis huruf diganti dengan jenis times new roman atau arial (3) satu teks menggunakan satu jenis huruf agar lebih menjadi konsisten. Hasil data kulitatif dan kuantitutatif untuk media buku bergambar sebagai berikut (1) hasil validasi angket dari ahli media sebesar 75% dan dikategorikan cukup valid (2) hasil validasi angket dari ahli materi sebesar 82 5% dan dikategorikan valid (3) siswa dalam uji coba individu diperoleh hasil sebesar 95 3% (4) siswa dalam uji coba terbatas ( kelompok kecil) diperoleh hasil sebesar 95 3% (5) siswa dalam uji coba lapangan (klasikal) diperoleh hasil sebesar 95 3% sehingga dapat diinterpretasikan bahwa media buku bergambar yang dikembangkan termasuk dalam kriteria Valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA pada materi cuaca dan pengaruhnya bagi manusia di SDN Kebonagung Pasuruan. Selain itu hasil data kuantitatif berupa hasil belajar Postest dari (1) siswa dalam uji coba individu diperoleh skor posttest 75 (2) siswa dalam uji coba terbatas (kelompok kecil) diperoleh skor posttest 75 (3) siswa dalam uji coba lapangan (klasikal) diperoleh skor posttest 80 3 Berdasarkan hasil pengembangan di atas disimpulkan bahwa hasil belajar siswa diatas maka media buku bergambar dikategorikan baik dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA khususnya materi cuaca dan pengaruhnya bagi manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item