Efektivitas pemanfaatan media komputer dalam pembelajaran IPA kelas V semester genap tahun ajaran 2006/2007 di SDN Percobaan II Malang / Anna Febriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pemanfaatan media komputer dalam pembelajaran IPA kelas V semester genap tahun ajaran 2006/2007 di SDN Percobaan II Malang / Anna Febriyanti

Anna Febriyanti (2009) Efektivitas pemanfaatan media komputer dalam pembelajaran IPA kelas V semester genap tahun ajaran 2006/2007 di SDN Percobaan II Malang / Anna Febriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

[img] Text (Bab 1)
Bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 8 December 2019.
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (105kB)
[img] Text
Isi3890213329238.pdf

Download (768kB)

Abstract

Teknologi Pendidikan sebagai salah satu wujud inovasi pendidikan secara langsung akan sangat membantu dalam memecahkan masalah belajar yang menjadi tugas utamanya. Usaha dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien adalah salah satunya dengan pemanfaatan media pembelajaran. Media ini memiliki peran yang sangat penting bagi kelancaran kegiatan belajar mengajar serta merupakan bagian dari sumber belajar sekaligus bagian integral dari Teknologi Pendidikan yang perlu dimanfaatkan dan didayagunakan semaksimal mungkin oleh guru dan siswa disekolah. Pendidikan adalah salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu usaha yang digunakan adalah dengan memanfaatkan media komputer. Saat ini penggunaan komputer dalam pembelajaran sudah dilakukan. Salah satu keuntungan yang diberikan komputer dalam pembelajaran dan yang tidak diberikan media lainnya yaitu kemampuan komputer untuk berinteraksi secara individual dengan siswa. Proses Pembelajaran IPA di SDN Percobaan II Malang ditunjang dengan menggunakan komputer pada bidang studi IPA. Meskipun komputer memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh media lain namun sejauh mana efektivitas pemanfaatan komputer dalam pembelajaran IPA di SDN Percobaan II Malang belum diketahui maka dibutuhkan penelitian yang spesifik mampu mengungkap dan mendeskripsikan efektivitas pemanfaatan media komputer dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui (1) mendeskripsikan efektivitas pemanfaatan media komputer oleh guru dalam menunjang pembelajaran IPA di SDN Percobaan II Malang. (2) mendeskripsikan efektivitas pemanfaatan media komputer oleh siswa dalam menunjang pembelajaran IPA di SDN Percobaan II Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah satu orang guru bidang studi IPA kelas V dan siswa kelas V (a-b) yang berjumlah 60 siswa di SDN Percobaan II Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah panduan wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan komputer yang dilihat dari segi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi efektif dalam menunjang pembelajaran IPA bagi guru di SDN Percobaan II Malang (2) pemanfaatan komputer yang dilihat dari segi dampak psikologis yang ditimbulkan interaksi dalam kegiatan belajar siswa dan bantuan komputer dalam keterampilan belajar siswa efektif dalam menunjang pembelajaran IPA bagi siswa di SDN Percobaan II Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan saran sebagai berikut (1) bagi guru diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan komputer dalam pembelajaran IPA dengan berusaha dan berupaya lebih memperdalam cara pengoperasian komputer. Dan pemanfaatan komputer yang cukup efektif perlu dilakukan upaya peningkatan dan pengembangan yang terus menerus sehingga pemanfaatan komputer dalam kegiatan pembelajaran dapat mencapai tingkat yang efektif atau pemanfaatan yang optimal. Sedangkan yang mencapai tingkat yang efektif seyogyanya dapat dipertahankan guna menghasilkan pembelajaran optimal dan secara terus menerus menyesuaikannya dengan kondisi pembelajaran yang berkembang dan (2) bagi peneliti selanjutnya yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya untuk mengembangkan penelitiannya kepada penelitian pengembangan agar hasil penelitian dapat menjadi masukan dalam menciptakan suasana proses belajar mengajar yang menyenangkan. Karena penelitian ini hanya melibatkan kegiatan mengajar guru dan belajar siswa secara umum dalam efektivitas pemanfaatan komputer maka tidak diperoleh petunjuk tentang hubungan antara karakteristik siswa dalam belajar dan karakteristik guru dalam mengajar sehubungan dengan pemanfaatan komputer. Oleh karena itu perlu adanya pola penelitian yang berbeda dengan pola penelitian ini yaitu hubungan antara karakteristik siswa atau guru dengan efektivitas pemanfaatan komputer atau hubungan antara keberhasilan pembelajaran dengan efektivitas pemanfaatan komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19

Actions (login required)

View Item View Item