Efektivitas model pengajaran inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pokok bahasan suhu dan kalor siswa kelas I SMUN 2 Batu / oleh Esti Suprapti BAM - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model pengajaran inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pokok bahasan suhu dan kalor siswa kelas I SMUN 2 Batu / oleh Esti Suprapti BAM

Suprapti B.A.M., Esti (2007) Efektivitas model pengajaran inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pokok bahasan suhu dan kalor siswa kelas I SMUN 2 Batu / oleh Esti Suprapti BAM. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam prosesb elajar mengajars edapamt ungkin diciptakans uasanay ang dapat menjadikasni swas ebagasi ubyekb elajary angt erlibats ecaraa ktif. Model pengajaran inkuiri dalam proses belajar mengajar memungkinkan siswa mengikuti pelajaran dengatne rlibatl angsungu ntukm enyelidikid anm enemukans endirik onsepkonsep ataup rinsip.prinsipf isika. Pemahamans iswat erhadapm ateri akanl ebih tinggi bila siswam empelajarinyma elaluip engalaman-pengalamkaonn kret. Penelitiani ni bertujuanu ntuk mengetahuai pakahm odel pengajaranin kuiri lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar fisika dibandingkan dengan metode pengaaj rand emonstrasi. Metodep enelitiany angd igunakana dalahm etodee ksperimejne nis pre tesp ost tes control group design. Populasi penelitian ini siswakelas I SMUN 2 Batu tahun pelajaran1 999/2000y angb erjumlah1 27s iswa.S ampedl iambil duak elass ebanyak 80 siswa. Dari dua kelas dipilih satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelasla innyas ebagaki elompokk ontrol.P erlakuany angd iberikanp adak elompok eksperimeand alahs iswad iajar menggunakanm odel pengajaranin kuiri dan pada kelompokk ontrol siswad iajar menggunakanm etodep engajarand emonstrasi. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwaa dap erbedaany ang signifikan dalamh al prestasbie lajarf isika antaras isway angd iajarm enggunakamn odelp engajaran inkuiri dan sisway ang diajar menggunakanm etodep engajarand emonstrasip. restasi belajafri sika sisway angd iajarm enggunakapne ngajaranin kuiri lebiht inggr dibandingkadne nganp restasbi elajarf isika sisway angd iajarm enggunakamn etode demonstrasHi.a l ini terlihatd ari hasila nalisisu ji bedar eratad engans korr ata-rata kelompoke ksperimen7 7 625 dan kelompok kontrol 71 625d enganh arga1 616 tr u rJ aitu 2A62 1 9926.S ehinggam odel pengajaranin kuiri lebih efektif dibandingkadne nganp engajaranm enggunakanm etoded emonstrasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18997

Actions (login required)

View Item View Item