Ramadhani, Nurmalita (2012) Kebutuhan dan motivasi dalam disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Karangploso / Nurmalita Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci kebutuhan motivasi disiplin belajar Kebutuhan dan motivasi siswa tidak dapat dipisahkan dengan hal belajar artinya seorang siswa melakukan aktifitas belajar tertentu karena adanya dorongan untuk memenuhi kebutuhan. Setiap siswa memiliki tingkatan-tingkatan variasi kebutuhan dalam disiplin belajar dan variasi motivasi dalam disiplin belajar. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana variasi kebutuhan dalam disiplin belajar siswa SMP Negeri 1 Karangploso (2) Bagaimana variasi motivasi dalam disiplin belajar siswa SMP Negeri 1 Karangploso. Subyek penelitian sebanyak 60 orang siswa diambil dengan teknik random sampling dari populasi sasaran sebanyak 516 siswa di SMPN 1 Karangploso Malang. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang diolah dengan metode kuantitatif deskriptif dan diketahui hasilnya berdasar prosentase yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) variasi kebutuhan dalam disiplin belajar sangat tinggi adalah kebutuhan akan harga diri tinggi adalah kebutuhan akan aktualisasi diri cukup adalah kebutuhan akan rasa aman dan kebutuhan untuk mendapat pujian dan kurang adalah kebutuhan untuk menghindari kritik dan celaan (2) variasi motivasi dalam disiplin belajar sangat tinggi adalah motivasi pengembangan diri tinggi adalah motivasi untuk hidup teratur cukup adalah motivasi berprestasi dan kurang adalah motivasi diterima kelompok. Jadi variasi kebutuhan dalam disiplin belajar dan motivasi dalam disiplin belajar siswa SMPN 1 Karangploso Malang adalah sangat tinggi tinggi cukup dan kurang. Disarankan kepada (1) siswa menyeimbangkan antara kebutuhan dan motivasi serta tidak melupakan variasi kebutuhan dan variasi motivasi dalam disiplin belajar yang kurang yaitu kebutuhan untuk menghindari kritik dan celaan serta motivasi untuk diterima kelompok (2) orang tua dapat menerapkan variasi kebutuhan serta variasi motivasi untuk membentuk kedisiplinan anak dalam belajar dirumah sehingga anak dapat mengembangkan kemampuannya yang lain pada bidang non akademik (3) variasi kebutuhan dan variasi motivasi dapat diterapkan oleh guru disekolah untuk lebih memotivasi semangat siswa dalam belajar agar lebih disiplin lagi dalam kegiatan belajar disekolah terutama bagi konselor sekolah dapat menggunakan variasi kebutuhan dan variasi motivasi disiplin dalam belajar dalam proses konseling untuk dapat mengetahui seberapa tinggi siswa tersebut memiliki kedisiplinan belajar baik disekolah maupun dirumah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1899 |
Actions (login required)
View Item |