Studi tentang kualitas instrumen prestasi belajar fisika siswa cawu III kelas 1 SMU PGRI Lawang kabupaten Malang tahun pembelajaran 1998/1999 / oleh Luluk Farida Trisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang kualitas instrumen prestasi belajar fisika siswa cawu III kelas 1 SMU PGRI Lawang kabupaten Malang tahun pembelajaran 1998/1999 / oleh Luluk Farida Trisnawati

Trisnawati, Luluk Farida (2007) Studi tentang kualitas instrumen prestasi belajar fisika siswa cawu III kelas 1 SMU PGRI Lawang kabupaten Malang tahun pembelajaran 1998/1999 / oleh Luluk Farida Trisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah instrumen prestasi belajar fisika siswa kelas I cawu III SMU PGRI Lawang Kabupaten Malang telah memenuhi persyaratans ebagaai lat ukur hasil belajar yangb aik yang meliputi (l) validitas konsep ( 2) tarafkesukaran ( 3) dayab eda ( a) reliabilitas (5) penyebaranra nah kognitit dan (5) tingkat ketertacaan. lnstrumen prestasi belajar fisika yang diteliti terdiri dari dua bentuk yaitu instrumen benflrk pilihan alternatif dan instrumen bentuk uraian. Teknik analisisd atay angd igunakana dalaha nalisisd eskiptil meliputi( 1) korelasipoinr biserial unhlk mengetahuvi aliditas konsepi nstrumenp restasbi elajar fisika bentuk pilihan altematif (2) korelasi pro duct moment untuk mengetahui validitas konsep instrumen prestasi belajar fisika bentuk uraian (3) KR-20 untuk mengetahurie liabilitas instrurhenb entukp ilihan alternatif (4) Alpha Cronbachu ntuk mengetahurie liabilitas instrumenb enhrku raian (5) rumust araf kesukaran ( 5) rumus dayab eda ( 7) analisisp enyebararna nahk ognitif dan( 8) analisist ingkatk eterbacaan butir instrumen. llasil penelitianm enunjukkan( l ) validitask onsepin strumebne ntukp ilihan alternatiftergolongb aik karenap adat araf signifikansi 504 sebesar8 0% valid (2)validitas konsep instrumen bentuk uraian tergolong cukup karena pada taraf sigrifikansi 5olos ebesa6r 0% valid (3) taraf kesukaranin strumenb entukp ilihan altematifa dalah3 0% mudalr 6 0% sedangd an l0% sukar ( 4) taraf kesukaran instumen bentrft uraian6 0% mudah 2 0% sedang d an20o/os ukar ( 5) dayab eda instrumen bentuk pilihan altenatif adalah 80% memenuhi syarat daya beda dan20% guguq( 6) dayabedai nstrumenbentuku raiana dalah8 0o/om emenuhid an 20% gugur (7) reliabilitas insfrumen bentuk pilihan altematif pada taraf sigtifikansi 5% adalah rtt 0.248 dengant1 i1- 2.560 ( 8) reliabilitasi nstrumenbentuku raianp adat araf signifikans5i % adalahr tt 0.374 denganth it 4.0326 (9) penyebararna nahk ognitif instrumenb enhrkp ilihan altematif adalah2Do/poe ngetahuan1 0%p emahaman 40o/o aplikasi d an 30% analisis ( 10) penyebaranra nahk ogrritif instumen benhrku raian adalah2Dop/oe ngetahuan2 0% pemahaman 40oa/op likasi dan20o/oa nalisis d an (l l) tingkat keterbacaans ecarau mum baik tetapi masihp erlu perbaikanp adab eberapa kalimat. Dari hasil penelitiand isimpulkanb ahwap erangkatin strumenm empunyai kualitas cukup memenuhi syarat kelayakan sebagai alat ukur prestasi belajar fisika siswa. . l

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18988

Actions (login required)

View Item View Item