Pengembangan petunjuk praktikum berbasis guided inquiry yang berpotensi meningkatkan keterampilan generik sains siswa SMA kelas X pada materi suhu dan kalor / Dian Aulia Lazuardini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan petunjuk praktikum berbasis guided inquiry yang berpotensi meningkatkan keterampilan generik sains siswa SMA kelas X pada materi suhu dan kalor / Dian Aulia Lazuardini

Lazuardini, Dian Aulia (2016) Pengembangan petunjuk praktikum berbasis guided inquiry yang berpotensi meningkatkan keterampilan generik sains siswa SMA kelas X pada materi suhu dan kalor / Dian Aulia Lazuardini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lazuardini Dian Aulia. 2016. Pengembangan Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry yang Berpotensi Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa SMA Kelas X pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. (2) Drs. Purbo Suwasono M.Si. Kata Kunci petunjuk praktikum guided inquiry keterampilan generik sains. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan petunjuk praktikum berbasis guided inquiry untuk yang berpotensi meningkatkan keterampilan generik sains siswa SMA Kelas X pada materi suhu dan kalor. Adapun langkah penelitian dan pengembangan merujuk pada Brag dan Gall dalam Sugiyono (2012 298) yakni (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk (5) revisi produk (6) uji coba keterbacaan. Pada tahap pertama dilakukan studi lapangan yakni wawancara dengan guru fisika SMA Laboratorium UM menyebar angket kebutuhan siswa kepada 30 siswa melakukan studi pendahuluan dan melakukan pengamatan terhadap petunjuk praktikum yang digunakan. Kedua studi pustaka dilakukan dengan mencari informasi berkaitan petunjuk praktikum berbasis guided inquiry keterampilan generik sains penyusunan petunjuk praktikum dan menganalisis silabus maupun petunjuk praktikum fisika suhu dan kalor kelas X. Ketiga mendesain produk petunjuk praktikum dengan judul praktikum muai zat padat kalor Azas Black dan kalor jenis. Keempat memvalidasi desain produk petunjuk praktikum kepada 2 validator yakni dosen Fisika UM dan guru Fisika SMA Negeri 2 Malang dengan menggunakan lembar validasi. Setelah divalidasi kemudian tahap kelima merevisi produk sesuai dengan saran dan komentar validator. Pada tahap keenam menguji coba kepada 30 siswa kelas X IPA 2 SMA Laboratorium UM untuk mengetahui keterbacaan petunjuk praktikum berbasis guided inquiry. Uji coba keterbacaan petunjuk praktikum dilakukan pada semua bagian-bagian dari petunjuk praktikum dengan mengacu pada beberapa kriteria keterbaaan. Berdasarkan hasil analisis data kuantitif dari validasi produk diperoleh hasil persentase sebesar 96 875% dari dosen dan 91 25% dari guru sehingga rerata persentase validasi oleh dosen dan guru adalah sebesar 94 063%. Rerata persentase validasi produk tersebut menunjukkan kriteria sangat valid. Sementara untuk uji keterbacaan yang dilakukan oleh 30 siswa kelas X IPA 2 SMA Laboratorium UM diperoleh rerata persentase keterbacaan sebesar 91 72% sehingga kriteria keterbacaan poduk petunjuk praktikum sangat valid. Dengan demikian produk petunjuk praktikum berbasis guided inquiry dianggap layak berpotensi meningkatkan keterampilan generik sains siswa dan layak untuk dikembangkan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18972

Actions (login required)

View Item View Item