Implementasi modul model siklus belajar untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII-B SMP Laboratorium UM / oleh Rahma Fibriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi modul model siklus belajar untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII-B SMP Laboratorium UM / oleh Rahma Fibriyanti

Rahma Fibriyanti (2009) Implementasi modul model siklus belajar untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII-B SMP Laboratorium UM / oleh Rahma Fibriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model siklus belajar menyarankan agar proses pembelajaran melibatkan siswa dalam kegiatan belajar yang aktif melakukan asimilasi akomodasi dan organisasi ke dalam struktur kognitif. Berdasarkan observasi selama proses belajar mengajar berlangsung tampak siswa belum siap menerima materi baru. Hal ini ditandai siswa cenderung diam dan tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru. Ketika siswa mengemukakan gagasan belum menunjukkan kelancaran menanggapi masalah dan materi. Keluwesan dan keas-lian siswa membuat tanggapan belum tampak dan siswa belum dapat mengiden-tifikasi konsep yang diperoleh maupun mengintegrasikan dengan konsep terda-hulu. Wawancara dengan guru mata pelajaran Fisika diketahui bahwa rerata hasil ujian siswa pada materi sebelumnya masih rendah yaitu 41. Dalam upaya mening-katkan kreativitas siswa mengemukakan gagasan dan prestasi belajar Fisika perlu strategi pembelajaran yang mengimplementasikan modul model siklus belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII-B SMP Laboratorium UM pada pembela-jaran yang mengimplementasikan modul model siklus belajar. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) Perencanaan tindakan (2) Pelaksa-naan tindakan dan observasi dan (3) Refleksi. Keberhasilan dan kegagalan pada siklus I diidentifikasi berdasar kekurangan tersebut peneliti melakukan perbaik-an-perbaikan pembelajaran siklus II. Instrumen penelitian berupa perangkat pem-belajaran tes dan pedoman observasi tahapan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan ketercapaian tahapan pembe-lajaran dan kreativitas siswa menggunakan prosentase sedangkan perkembangan prestasi belajar fisika siswa dengan analisis gain score ternormalisasi. Guru telah melaksanakan pembelajaran yang mengimplementasikan modul model siklus belajar berdasarkan RPP. Hasil penelitian yang diperoleh menunjuk-kan bahwa implementasi modul model siklus belajar memiliki tingkat keterlaksa-naan 100% dan ketercapaian 95 97%. Kreativitas siswa mengemukakan gagasan semakin meningkat. Peningkatan kreativitas siswa ini dapat dilihat dari kelan-caran keluwesan keaslian dan keterperincian siswa mengemukakan gagasan dalam pemecahan masalah. Prestasi belajar siswa juga meningkat yaitu ditinjau dari ulangan harian 0 24 masih dalam kategori rendah sedangkan hasil pre-tes post-test pada siklus I 0 25 dan pada siklus II 0 28 masih dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18968

Actions (login required)

View Item View Item