Upaya meningkatkan prestasi belajar fisika melalui model pembelajaran fisika dengan menggunakan semi-modul pada siswa kelas I cawu III SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Nur Endah Komalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan prestasi belajar fisika melalui model pembelajaran fisika dengan menggunakan semi-modul pada siswa kelas I cawu III SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Nur Endah Komalasari

Komalasari, Nur Endah (2007) Upaya meningkatkan prestasi belajar fisika melalui model pembelajaran fisika dengan menggunakan semi-modul pada siswa kelas I cawu III SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Nur Endah Komalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Komalasari Nur Endah. 2002. upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Fisika DenganM enggunakanS emi-Modupl qdq Siswa KelqsI Cawul ll SLTPL aborqtorium( JniversitaNs egeriM alangTahun Pelajaran 2001 /2002. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas NegeriMalang.P embimbing (I) Drs. Dwi Haryoto M . pd (II) Dra.C husnanIan syafY M. Si Kata kunci prestasbi elajar p ernbelajarafnis ika semi-modul. Berdasarkaonb servasdi and iskusid engang uruf isika diperolehin formasi bahwas elamai ni prosesp embelajaranfi sika yang dilakukan di sLTp Laboratorium UM berlangsunsge carak lasikald ank urangm enekankapna dak eaktifand an kemandirians iswa . Sehinggau paya-upayau ntuk menciptakank ondisi belajar agar siswab ersikapa ktifdan mandirip erlud ilakukand enganh arapand apatm enuntaskan belajars iswad anm eningkatkanp restasbi elajars iswa.S alahs atum ediap embelajaran yangm ampum engembangkakne mandirians iswad alamb elajard anm engaktifkan siswad alamp rosesp embelajaramn elalui asasc ountinoups rogressa dalahs emimodul yaitu suatum edia pembelajarany ang memuatp etunjuk-petunjuka tau instnrksi yang mengarahkans iswad alamb elajar.P enelitiani ni dilakukand engan tujuanu ntukm engetahuai pakahp embelajarafnis ika denganm enggunakasne mimodulk hususnyap adap okokb ahasane nergid anu sahad apatm eningkatkapnr estasi belajarf isika siswad enganm emperhatikaans pekk emandirianm otivasid an kecepatamn enguasasie mi-modul. Penelitianin i merupakanp enelitiank ualitatify angb erbentukti ndakank elas dengan2 siklus.T indakanI berupap embelajarafnis ika denganm enggunakasne mimodulp adap okokb ahasane nergid enganm embimbings iswas ecarain dividuald an tindakan2 berupap embelajaranfi sika denganm enggunakans emi-modulp adap okok bahasanu sahad enganm embimbings iswas ecaram enyeluruha rtinyam enerangkan kesulitan-kesulitaunm umy angd ihadapis iswad alamb elajars emi-modulS. ampel dalamp enelitianin i adalahs iswak elasI E SLTP Laboratoriumu M Tahunp elajaran 2001/2002y.a ngb eryumlah4 6 sisway angt erdiri dari 30 siswal akiraki dan r 6 siswa perempuan. Hasilp enelitianm enunjukkanb ahwas ebanyak1 6s iswat untasd alamb erajar padas iklus I dan2 3 siswat untasd alamb elajarp adas iklus2 sedangkasne lebihnya tuntasd alamb elajars etelahd iberikanr emidial.s istemb elajard enganm enggunakan semi-modudl apatp ulam eningkatkakne mandirianm otivasib elajard ank ecepatan menguasasie mi-modulH. al ini dikarenakansi swad apatb elajars endiri m emperoleh pengetahuasne ndiris ecaraa ktifl menemukanko nseps endiri m elakukanp ercobaan sendirid anm engetahusie ndirik emampuannydaa lamb elajar s ehinggako ndisii ni mendorongs iswau ntukt erusm eningkatkanp restasinyaH. al ini terbuktid engan meningkatnypar estassi iswad ari 81 13p adas iklus I menjadi8 4 86p adas iklus2 .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18964

Actions (login required)

View Item View Item