Wahyuni, Rini Tri (2007) Pengaruh penggunaan modul dengan prinsip belajar tuntas terhadap proses pembelajaran fisika, respon siswa, dan prestasi belajar fisika siswa kelas I5 SMU Laboratorium UM tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Rini Tri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK WahyuniR ini Tri.2002. l engaruhP enggunaanM odul denganP rinsipBelaior I untas terhadap Proses Pembelaiaran Fisika Respon Siswa dan Prestasi Belajar I -i sikaS iswaK elasI 5 SMU LqboratoriumU M I ahunP elajaran 200/i2 002. SkripsiJ urusanP endidikaFni sikaF MIPA UniversitaNs egeri Malang. Pembimbing (1) Drs.DwiH aryotoM .Pd. ( 2) Sugiyanto S.PMd. S i. Kata kunci Modul BelajarT untas P rosesP embelajaraFni sika R esponS iswa PrestasBi elaiarF isikaS iswa Observasai walt erhadapp embelajarafnis ika di kelas1 5S MU Laboratorium UM TahunP elajaran2 00112002d i temukana danyap ermasalahanP.e rmasalahan lersebuatd alah(l ) rendahnypar estasbi elajars isway angd isebabkaonl ehr endahnya motivasbi elajars iswa ( 2) prosesp embelajarafnis ika yangb erlangsungm asihb elum sesuadi engany angd iharapkand anm asihb elumb isam elibatkans iswaa ktif dalam prosesp embelajarafnr sikay angb erlangsungB. erdasarkapne rmasalahadni atas m akap erlua danyati ndakany angd igunakanu ntukm emperbaikinyay a itu dengan menggunakamno dul. Penelitianin i bertujuanu ntukm engetahudi ampakp enggunaamn oduld engan prinsipb elajart untasd alarnp rosesp embelajarafnis ika.D ampakt ersebudt apatd iketahuid enganm endeskripsika n ( 1) prosesp embelajarafnis ika denganm enggunakan modul ( 2) respons iswat erhadapp embelajarafnis ika denganm enggunakamn odul (3) prestasbi elajars iswas etelahb elajard enganm enggunakamn odul. Peneilt ian ini menggunakanp endekatank ualitatif denganj enis peneilt ian tindakank elasy angd irancangd alam3 siklus.M asing-masingsi klust erdiri dari 4 tahapy aitu observasir e fleksi p erencanaatnin dakan pelaksanaatnin dakanT. indakank elasy ang diberikan adalahp nggunaanm odul denganb eberapati ndakant arnbahanS. ubjekp enelitiand i sini adalahs iswak elasI TahunP elajaran2 00112002 SMU Laboratorium UM. Pengambilan data dilakukan pada bulan April sampai bulan Juni 2002. Hasil pembelajaradne nganti ndakanp enggunaamn odul padas iklusI memperolehh asils ebagabi erikut ( l) prosesp embelajarafnis ika denganm enggunakan modulm ulai menampakkahna sily angb aik (2) respons iswat erhadapp embelajaran fisikay angb erlangsungm enampakkahna sily angb aik (3) prestasbi elajarf isika siswam enunjukkana danyap eningkatanK. endalay angd itemuip adas iklusi ni adalah ada9 sisway angk urangm emperhatikapne mbelajarafnis ika yangb erlangsungs i swa masihk esulitand alamm enyimpulkana pay angd ibaca t imbulnyaa ntrianu ntukm emeriksakanm odul.P adas iklusI I direncanakatnin dakanu tamay aitu pencantuman skorp enyelesaiamn odul d anb eberapati ndakant ambahanb aik padap rosesp embelajaranfi sika maupunp adar espons iswa.H asil yangd iperolehd ari siklusI I adalah sebagabi erikut ( l) prosesp embelajarayna ngb erlangsungb aik (2) respons iswa terhadapp embelajarafnis ika meningkat( 3 ) prestasbi elajarf isika siswam eningkat. Kendala yang ditemui pada siklus II adalah masih ada 3 siswa yang kurang memperhatikapne mbelajarafnis ika t idak adanyaa lat untukd emonstrasPi. adas iklus III direncanakamn odul di bawa pulang padap ertemuanp ertama.H asil yang diperotehp adas iklus III adalahs ebagabi erikut (t) prosesp embelajaranfi sika yang berlangsunsge makinm embaik ( 2) respons iswat erhadapp embelajarafnis ika semakimn eningkat( 3 ) prestasbi elajars iswas emakinm eningkatS. isway angk urang memperhatikapne lajaranp adas iklus II tinggal 2 orang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Mar 2007 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2007 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18960 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |