Pengaruh model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiri Learning) berbantuan edmodo terhadap penguasaan konsep peserta didik kelas X SMA/MA pada materi impuls dan momentum / Yusmaniar Afifah Noor

Noor, Yusmaniar Afifah (2019) Pengaruh model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiri Learning) berbantuan edmodo terhadap penguasaan konsep peserta didik kelas X SMA/MA pada materi impuls dan momentum / Yusmaniar Afifah Noor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Noor, Yusmaniar Afifah. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran POGIL (Process Oriented Guide Inquiry Learning) Berbantuan Edmodo terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas X SMA/MA pada Materi Impuls dan Momentum. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Purbo Suwasono, M.Si, (II) Drs. Asim, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran POGIL, Edmodo, Penguasaan Konsep Ilmu fisika sangat berkaitan dengan cara mencari fenomena alam secara sistematis, sehingga belajar fisika tidak hanya menghafal rumus atau konsep tetapi juga suatu proses penemuan. Salah satu aspek yang harus dikuasai peserta didik adalah penguasaan konsep. Momentum-impuls merupakan konsep dasar dalam fisika yang menjadi bagian penting pembelajaran fisika dalam banyak tingkatan. POGIL (Process Oriented Guide Inquiry Learning) adalah pembelajaran inkuiri terbimbing yang berorientasi pada proses. POGIL menggabungkan pendekatan inkuiri terbimbing dan pendekatan kooperatif. Pendekatan inkuiri terbimbing bertujuan untuk melatih kemampuan peserta didik dalam meneliti, menjelaskan fenomena dan memecahkan masalah secara ilmiah, sedangkan pendekatan kooperatif digunakan untuk memastikan bahwa semua peserta didik terlibat penuh dalam proses pembelajaran. Dengan pembelajaran berbantuan edmodo membantu peserta didik menemukan sumber belajar selain buku dan menyediakan media pembelajaran secara virtual. Tujuan penelitian untuk mengetahui penguasaan konsep fisika peserta didik kelas X SMA/MA yang belajar dengan model pembelajaran POGIL berbatuan edmodo lebih tinggi daripada yang belajar dengan model pembelajaran POGIL. Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian semu (Quasy Experimental Design) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA MAN 1 Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019. Sampel terdiri atas satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang dipilih secara Purposive Sampling, sehingga diperoleh kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil uji kesetaraan kemampuan awal menggunakan uji-t(sign.2-tailed) diperoleh nilai thitung sebesar 0,000, dimana thitung tersebut berada diantara -2,003 dan +2,003, artinya tidak terdapat perbedaan penguasaan konsep antara kedua kelas. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t(sign.1-tailed) diperoleh thitung sebesar 6,170 dan ttabel sebesar 1,673, dimana thitung> ttabel, artinya penguasaan konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran POGIL berbantuan edmodo lebih tinggi darpada penguasaan konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran POGIL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18944

Actions (login required)

View Item View Item