Pengembangan physics pocket book dilengkapi game test berbasis android pada materi gerak lurus untuk siswa kelas X SMA/MA / Ongtien Kartika Aming

Aming, Ongtien Kartika (2019) Pengembangan physics pocket book dilengkapi game test berbasis android pada materi gerak lurus untuk siswa kelas X SMA/MA / Ongtien Kartika Aming. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aming, Ongtien Kartika. 2019. Pengembangan Physics Pocket Book dilengkapi Game Test Berbasis Android pada Materi Gerak Lurus untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Edi Supriana, M.Si., (II) Sulur, S.Pd., M.Si., M.TD. Kata kunci : pocket book, game test, Andorid, gerak lurus Siswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari materi gerak lururs dikarenakan sulit memahami bahasa dan gambar yang digunakan dalam buku teks. Buku mulai dikembangkan menjadi pocket book supaya mudah dibawa ke mana dan dibaca kapan saja. Dengan demikian diharapkan dapat disukai dan meningkatkan motivasi membaca. Seiring berkembangnya teknologi minat membaca siswa menjadi menurun. Salah satu teknologi dengan perkembangan yang cepat adalah Android. Siswa lebih sering mengoperasikan Android untuk komunikasi dan hiburan seperti bermain game dibandingkan membaca e-book. Penggunaan Android dapat digunakan sarana transformasi buku menjadi aplikasi Android. Buku ini dikemas menjadi pocket book disertai game sederhana yang memuat tes atau soal yang dapat dikerjakan dengan tujuan meningkatkan minat dan motivasi belajar materi gerak lurus. Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan dan mendeskripsikan kelayakan physics pocket book dilengkapi game test berbasis Android pada materi gerak lurus. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model four-D (4D). Model penelitian pengembangan ini memiliki 4 tahapan, yaitu: (1) Define; (2) Design; (3) Develop; (4) Disseminate. Tahapan dilaksanakan hanya 3 tahap, karena penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan produk. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis rata-rata untuk uji validasi ahli dan teknik analisis persentase untuk uji kepraktisan. Produk yang telah dikembangkan adalah physics pocket book dilengkapi game test berbasis Android pada materi gerak lurus. Format yang digunakan untuk physics pocket book adalah .apk dan flashmovie (.swf) untuk game test. Physics pocket book dilengkapi dengan pendalaman konsep, contoh soal, latihan soal sub-submateri, dan latihan soal untuk setiap materi. Game test merupakan soal evaluasi dalam bentuk pilihan benar salah yang dikemas dengan selingan permainan labirin dan juga terdapat feedback. Kemudian terdapat tiga paket evaluasi dengan masing-masing paket terdiri dari sepuluh soal pilihan ganda. Hasil penelitian menyatakan hasil validasi materi diperoleh nilai sebesar 3,84 valid tidak revisi, hasil validasi media oleh validator mendapatkan nilai rata-rata 3,78 dengan kategori valid tidak revisi dan hasil uji kepraktisan produk menunjukkan rata-rata persentase yang diperoleh adalah 97,2%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa physics pocket book dilengkapi game test berbasis android pada materi gerak lurus layak untuk digunakan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18943

Actions (login required)

View Item View Item