Pengembangan science e-comics untuk memperbaiki miskonsepsi siswa kelas XI SMA pada pokok bahasan suhu dan kalor / Aisyah Nestria Al Falah Ramadhanty

Ramadhanty, Aisyah Nestria Al Falah (2019) Pengembangan science e-comics untuk memperbaiki miskonsepsi siswa kelas XI SMA pada pokok bahasan suhu dan kalor / Aisyah Nestria Al Falah Ramadhanty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ramadhanty, Aisyah Nestria Al Falah. 2019. ÔÇ£Pengembangan Science E-Comics untuk Memperbaiki Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA pada Pokok Bahasan Suhu dan KalorÔÇØ. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Suyudi, M. Pd., (II) Nugroho Adi P., S.Si., M.Sc. Kata Kunci: miskonsepsi, Science E-Comics, suhu dan kalor, Webtoon Miskonsepsi adalah salah satu penyebab kesulitan belajar siswa. Miskonsepsi terjadi hampir pada seluruh materi fisika termasuk pada bab Suhu dan Kalor. Permasalahan ini dapat diatasi dengan pemanfaatan media pembelajaran yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan media Science E-Comics (Komik Sains Elektronik). Pendamping bahan ajar berupa Science E-Comics perlu digunakan untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar fisika khususnya sebelum menerima materi di kelas. Tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) menghasilkan produk Science E-Comics untuk memperbaiki miskonsepsi siswa kelas XI SMA pada pokok bahasan suhu dan kalor, (2) menguji kelayakan produk Science E-Comics untuk memperbaiki miskonsepsi siswa kelas XI SMA pada pokok bahasan suhu dan kalor. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi metode penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Tahap model pengembangan tedapat lima dari sepuluh tahap yang ada, yaitu: (1) pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba, dan (5) revisi. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif.. Data kuantitatif diperoleh dari pengisian angket validasi ahli dan siswa dengan skala linkert. Data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar validator. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket validasi materi, angket validasi media, dan angket respon siswa. Sampel dari penelitian ini adalah 23 siswa kelas XI-MIA 4, SMA Negeri 8 Malang. Uji coba dilakukan pada hari Selasa, 12 Maret 2019. Analisis data validasi menunjukkan bahwa Science E-Comics layak digunakan sebagai pendamping bahan ajar siswa pada pokok bahasan Suhu dan Kalor. Rerata data hasil validasi materi menunjukkan angka sebesar 3,31, data hasil validasi media sebesar 3,46, dan rerata hasil uji terbatas siswa sebesar 3,83.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18942

Actions (login required)

View Item View Item