Pengaruh integrasi STEM dalam model pembelajaran POE terhadap kemampuan menganalisis konsep usaha dan energi siswa kelas X SMAN 2 Ponorogo / Nur Endah Astuti

Astuti, Nur Endah (2019) Pengaruh integrasi STEM dalam model pembelajaran POE terhadap kemampuan menganalisis konsep usaha dan energi siswa kelas X SMAN 2 Ponorogo / Nur Endah Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Astuti, Nur Endah. 2019. Pengaruh Integrasi STEM dalam Model Pembelajaran POE terhadap Kemampuan Menganalisis Konsep Usaha dan Energi Siswa Kelas X SMAN 2 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sulur, S.Pd, M.Si, M.T.D, (2) Sugiyanto, S.Pd, M.Si, Kata Kunci: Integrasi STEM, Model Pembelajaran POE, Kemampuan Menganalisis Usaha dan Energi. Kesuksesan dalam pembelajaran dapat dilihat melalui kemampuan siswa dalam menganalisis suatu konsep materi yang sedang dipelajari. Kemampuan menganalisis ini berada pada ranah kognitif bloom tingkat C4. Pada kurikulum 2013 ini tuntutan siswa mampu menganalisis cenderung lebih tinggi daripada ranah kognitif lainnya, salah satunya pada KD 3.9 tentang usaha dan energi. Topik usaha dan energi pada pelajaran fisika termasuk materi yang kompleks dan banyak diterapkan pada kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan teknologi. Maka dari itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat aktif dalam menganalisis konsep usaha dan energi, salah satunya POE (Predict-Observe-Explain) yang diintegrasikan dengan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi STEM dalam model pembelajaran POE terhadap kemampuan menganalisis konsep usaha dan energi siswa kelas X SMAN 2 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-MIPA SMAN 2 Ponorogo tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dan diperoleh kelas X-MIPA 6 sebagai kelas eksperimen yang belajar menggunakan integrasi STEM dalam model pembelajaran POE dan X-MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang belajar menggunakan model pembelajaran POE tanpa integrasi STEM. Kemampuan menganalisis konsep usaha dan energi siswa diukur menggunakan instrumen tes pilihan ganda sebanyak 12 soal dengan reliabilitas 0,72 yang berkriteria tinggi. Kemampuan menganalisis ini diukur menggunakan N-gain dari nilai pretest-posttest siswa. Uji beda kemampuan menganalisis antara kelas eksperimen dan kontrol dihitung menggunakan Uji-T. Hasil Uji-T menunjukkan nilai signifikansi = 0,003 < 0,05 artinya kemampuan menganalisis kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa rata-rata N-gain kemampuan menganalisis kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada kelas kontrol. Sehingga, integrasi STEM dalam model pembelajaran POE berpengaruh terhadap kemampuan menganalisis konsep usaha dan energi siswa kelas X SMAN 2 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18941

Actions (login required)

View Item View Item