Pengembangan media pembelajaran komik fisika SMA berbasis instagram dengan aplikasi comic life pada pokok bahasan gerak lurus / Rahajeng Nastiti

Nastiti, Rahajeng (2019) Pengembangan media pembelajaran komik fisika SMA berbasis instagram dengan aplikasi comic life pada pokok bahasan gerak lurus / Rahajeng Nastiti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nastiti, Rahajeng. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika SMA Berbasis Instagram Dengan Aplikasi Comic Life Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Suyudi, M.Pd., (II) Drs. Purbo Suwasono, M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik Fisika, Gerak Lurus. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kurang menyukai dan sukar memahami materi pembelajaran yang memiliki tingkat kesukaran tinggi termasuk salah satunya adalah fisika. Salah satu materi fisika yang masih sulit dipahami peserta didik adalah gerak lurus. Materi gerak lurus masih mempunyai konsep abstrak, oleh karena itu memerlukan visualisasi dalam mempelajarinya. Salah satu media pembelajaran visual dan menarik adalah komik fisika. Sehingga untuk membantu siswa dalam memahami konsep fisika yang masih abstrak dan tertarik dalam belajar fisika, dilakukan pengembangan komik fisika pada pokok bahasan gerak lurus yang berbasis instagram. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran komik fisika SMA berbasis instagram dengan aplikasi comic life pada pokok bahasan gerak lurus serta mengetahui kelayakan produk tersebut. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode pengembangan Borg and Gall yaitu tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, tahap uji coba terbatas, dan tahap revisi hasil uji coba terbatas. Sebelum dilakukan uji coba terbatas, untuk mengetahui produk valid atau tidak, dilakukan validasi produk pada aspek materi dan media. Setelah validasi dan revisi hasil validasi dilakukan uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilakukan di SMAN 3 Malang kelas XI C yang merupakan subjek uji coba terbatas. Format akhir dari produk pengembangan berupa komik dalam bentuk PDF dan JPEG. Format PDF digunakan untuk keperluan produk yang disajikan cetak sedangkan format JPEG digunakan untuk penyajian online melalui media sosial instagram yang nantinya akan digunakan sebagai alat bantu belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa aspek materi dikatakan sangat valid dan layak digunakan dengan persentase sebesar 93% dan termasuk dalam kriteria sangat valid yang berarti layak digunakan tanpa revisi dan aspek media memperoleh persentase sebesar 81% dan dikatakan cukup valid dan layak digunakan dengan sedikit revisi. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan diperoleh kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan sebesar 92% dan termasuk dalam kriteria sangat valid yang berarti layak digunakan tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18940

Actions (login required)

View Item View Item