Erdiantoro, Rizki (2012) Keefektifan klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai keadilan pada siswa SMP / Rizki Erdiantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci klarifikasi nilai kesadaran akan nilai keadilan contoh kasus Kesadaran akan nilai keadilan penting sekali dimiliki untuk menciptakan manusia yang mampu bertindak adil dalam kehidupan. Sedangkan ketidakadilan merupakan penghalang bagi manusia untuk bersikap positif khususnya remaja. Kurangnya kesadaran akan nilai keadilan pada siswa SMP ditunjukan pada aspek kesewenang-wenangan mencontek perkelahian dan penganiayaan. Nilai keadilan sebenarnya ada pada diri mereka akan tetapi kesadaran untuk memunculkannya masih kurang. Dengan meningkatkan kesadaran akan keadilan mereka belajar bagaimana mengenal diri dan lingkungannya sehingga terhindar dari masalah-masalah yang terkait dengan hubungan sosial serta kenakalan remaja. Klarifikasi nilai (values clarification) memberi penekanan pada usaha membantu siswa dalam mengkaji perasaan dan perbuatannya sendiri untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang nilai-nilai mereka sendiri. Teknik klarifikasi nilai dimulai dari penyajian pola sejumlah cerita berupa contoh kasus yang mengandung konflik nilai dengan pancingan-pancingan pertanyaan Subyek coba dilibatkan dalam suasana cerita dan didorong untuk menjelaskan perasaan dan nilai yang ada pada dirinya serta mengambil keputusan dan argumentasi yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai keadilan siswa SMP. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa SMP berjumlah 8 siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah penelitian eksperimen one group pretest-posttest design. Pengumpulan data yang digunakan berupa skala kesadaran akan nilai keadilan siswa SMP yang diberikan pada awal dan akhir perlakuan serta data kualitatif jawaban siswa. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik nonparametrik uji wilcoxon dan berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa klarifikasi nilai dengan menggunakan contoh kasus efektif untuk meningkatkan kesadaran akan nilai keadilan siswa SMP. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan skor pada posttes di akhir pertemuan. Beberapa saran yang perlu dipertimbangkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) dalam mengaplikasikan teknik ini konselor harus mempersiapkan bahan bacaan yang sesuai dengan usia kelompok eksperimen dan contoh kasus yang diberikan lebih baik mengenai masalah yang sering dijumpai siswa dalam kehidupan sehari-hari. (2) saran pengembangan untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan teknik dan media yang sama akan tetapi menggunakan kelompok kontrol
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1894 |
Actions (login required)
View Item |