Pengembangan buku siswa elektronik berbasis android pada pokok bahasan suhu dan kalor dalam rangka persiapan Ujian Nasional (UN) SMA/MA / Yetti Aprilia Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku siswa elektronik berbasis android pada pokok bahasan suhu dan kalor dalam rangka persiapan Ujian Nasional (UN) SMA/MA / Yetti Aprilia Utami

Utami, Yetti Aprilia (2019) Pengembangan buku siswa elektronik berbasis android pada pokok bahasan suhu dan kalor dalam rangka persiapan Ujian Nasional (UN) SMA/MA / Yetti Aprilia Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami Yetti Aprilia. 2019. Pengembangan Buku Siswa Elektronik Berbasis Android pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor dalam Rangka Persiapan Ujian Nasional (UN) SMA/MA. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulur S.Pd M.Si M.T.D (II) Dr. H. Edi Supriana M.Si. Kata Kunci Buku Siswa Elektronik Ujian Nasional Suhu dan Kalor Pelaksanaan Ujian Nasional menjadi tolak ukur capaian siswa terhadap Standar Kompetensi Lulusan pada mata pelajaran tertentu. Naiknya standar mutu kualitas Ujian Nasional dari pemerintah yang tidak diimbangi dengan naiknya hasil rata-rata UN membuat beberapa pihak mencoba alternatif cara untuk memaksimalkan proses belajar siswa. Namun sayangnya media penunjang belajar siswa saat ini belum bisa mencakup kebutuhan-kebutuhan yang di harapkan oleh siswa kelas XII. Oleh karena itu di lakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Siswa Elektronik berbasis android yang memuat konten-konten untuk persiapan UNBK sehingga dapat memudahkan pemahaman serta meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi suhu dan kalor. Rancangan penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D yang di adaptasi dari Sivasailam Thiagarajani dkk (1974) dari 4 tahap menjadi 3 tahap yaitu 1) Define atau pendefinisian 2) Design atau perancangan dan 3) Develop atau pengembangan. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi konten dan konstruk serta angket keterbacaan siswa. Terdapat dua jenis data yang diperoleh yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian angket validasi dan angket keterbacaan sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran oleh validator dan siswa. Teknis analisis yang di gunakan untuk mengolah data adalah perhitungan rata-rata untuk analisis validasi sedangkan untuk analisis keterbacaan menggunakan perhitungan persentase. Hasil penelitian dan pengembangan secara keseluruhan meliputi 1) Buku siswa elektronik terdiri dari 12 komponen utama 2) Hasil validasi konten dan konstruk di peroleh sebesar 3 88 dengan kategori valid tanpa revisi 3) Hasil uji coba keterbacaan menunjukkan tingkat keterbacaan buku sebesar 94 5% 4) Di lakukan revisi pada beberapa bagian buku atas dasar saran dan komentar dari validator. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat di simpulkan bahwa buku siswa elektronik adalah buku yang layak karena telah memiliki kriteria valid dan praktis (dapat terbaca dan dapat di gunakan). Di harapkan penelitian ini dapat menjadi referensi/rujukan bagi pengembang yang ingin mengembangkan media belajar serupa pada pokok bahasan yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18939

Actions (login required)

View Item View Item