Pengembangan modul elektronik berbasis android dengan corrective feedback pada materi gerak melingkar untuk siswa kelas X SMA/MA / Lusi Noviana Dewi

Dewi, Lusi Noviana (2019) Pengembangan modul elektronik berbasis android dengan corrective feedback pada materi gerak melingkar untuk siswa kelas X SMA/MA / Lusi Noviana Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewi, L.N. 2019. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Android dengan Corrective Feedback pada Materi Gerak Melingkar untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sulur, S.Pd, M.Si, M.T.D, (II) Dr. H. Edi Supriana, M.Si. Kata Kunci: modul elektronik, android, corrective feedback, gerak melingkar Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi fisika salah satunya disebabkan oleh miskonsepsi yang dialami oleh siswa. Miskonsepsi yang dialami siswa pada materi fisika cukup tinggi, termasuk pada materi Gerak Melingkar. Untuk membantu proses pembelajaran guru menggunakan buku ajar, namun beberapa bukti menunjukkan buku yang dipelajari siswa dapat menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi miskonsepsi siswa adalah dengan meningkatkan motivasi siswa salah satunya dengan cara memberikan corrective feedback pada pekerjaan siswa. Dengan berkembangngnya teknologi, modul yang menjadi bagian dari bahan ajar dapat dirubah formatnya menjadi format elektronik. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis android dengan corrective feedback pada materi Gerak Melingkar kelas X SMA. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model 4D yang terdiri dari tahap define, tahap design, dan tahap develop. Instrumen yang digunakan meliputi aspek konten, aspek konstruk, aspek android, dan aspek corrective feedback. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai rata-rata dari angket oleh validator, sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar yang diberikan oleh validator. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis rata-rata, sedangkan data kualitatif digunakan untuk revisi produk. Hasil validasi aspek konten, aspek konstruk, aspek android, dan aspek corrective feedback diperoleh kriteria valid. Sedangkan dari uji keterbacaan terhadap siswa diperoleh persentase skor sebesar 96% yang menunjukkan bahwa modul elektronik memiliki tingkat keterbacaan baik. Oleh karena itu, modul elektronik berbasis android dengan corrective feedback pada materi gerak melingkar ini dinyatakan valid dan praktis sehingga dapat dikatakan layak untuk digunakan untuk mendukung proses pembelajaran fisika. Meskipun begitu, modul ini disarankan kepada peneliti lain untuk menguji efektifitas modul elektronik ini. Selain itu, modul elektronik berbasis android dengan corrective feedback ini juga dapat dikembangkan pada materi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18938

Actions (login required)

View Item View Item