Rahmiastuti, Laily (2019) Analisis penguasaan hukum Newton pada pembelajaran think pair share terintegrasi unit kegiatan belajar mandiri dengan evaluasi berbasis web / Laily Rahmiastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Rahmiastuti Laily. 2019. Analisis Penguasaan Hukum Newton pada pembelajaran Think Pair Share (TPS) terintegrasi Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dengan Evaluasi berbasis Web. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Asim M.Pd. (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si Kata Kunci Think Pair Share Web UKBM Hukum Newton Kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran menyebabkan peserta didik kurang optimal dalam mempelajari materi Hukum Newton dan berakibat pada hasil belajar peserta didik yang rendah. Model Pembelajaran Think pair Share (TPS) diprediksi dapat mengaktifkan seluruh peserta didik dan memberikan kesempatan untuk bekerjasama antar peserta didik. Untuk membantu peserta didik dapat terlibat langsung pada suatu pembelajaran dilakukan pembelajaran menggunakan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Dalam Pembelajaran model TPS terintegrasi UKBM pengerjaan dilakukan secara individu lalu dilanjutkan dengan berkelompok. Oleh karena itu diperlukan evaluasi secara individu untuk mengetahui tingkat pengetahuan konsep peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep peserta didik pada pembelajaran Unit Kegiatan Belajar Mandiri materi Hukum Newton menggunakan TPS terintegrasi evaluasi UKBM berbasis Web. Penelitian menggunakan rancangan penelitian mixed method dengan tipe embedded experiment. Desain embedded experiment menggunakan data kualitatif berupa angket dan deskripsi pembelajaran yang digabungkan data kuantitatif berupa tes. Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa SMAN 7 Malang. Instrumen yang digunakan 10 butir soal jawaban singkat. Analisis data kuantitatif menggunakan D-effect N-gain dan analisis penguasaan konsep.. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan konsep pada materi Hukum Newton peserta didik baik dapat dilihat dari hasil pretest-posttest. Kekuatan peningkatan skor pretest ke posttest diukur menggunakan d-effect size N-gain rata-rata dan analisis penguasaan konsep. Berdasarkan perhitungan d-effect size didapatkan hasil 5.97 yang termasuk kategori tinggi. Peningkatan melalui perhitungan N-gain rata-rata diperoleh hasil 0 6 yang tergolong kategori medium atas. Penguasaan konsep siswa dikatakan sudah baik karena pada saat posttest siswa sudah dapat menggambarkan diagram gaya menerapkan gaya pada bidang datar maupun bidang miring dapat menerapkan bunyi dan persamaan Hukum Newton didalam soal yang telah mereka dapat di pembelajaran. Pengembangan temuan ini dapat dilakukan kegiatan evaluasi tiap minggu atau tiap sub bab.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |