Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis modelling instruction berbantuan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada materi usaha dan energi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik / Anita Zubaidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis modelling instruction berbantuan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada materi usaha dan energi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik / Anita Zubaidah

Zubaidah, Anita (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis modelling instruction berbantuan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada materi usaha dan energi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik / Anita Zubaidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Zubaidah A. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Modelling Instruction Berbantuan Science Technology Engineering And Mathematics (STEM) Pada Materi Usaha dan Energi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Skripsi. Jurusan Fisika Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Purwaningsih M. Si (II) Drs. Kadim Masjkur M.Pd Kata Kunci Pengembangan Perangkat Pembelajaran Modelling Instruction STEM Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Kesamben masih ditemukan permasalahan yaitu guru cenderung lebih aktif menjelaskan materi dengan ceramah dan memberikan contoh soal sementara peserta didik hanya mendengarkan mencatat serta mengerjakan latihan soal sehingga peserta didik menjadi kurang aktif. Kondisi tersebut kurang sesuai dengan yang dikehendaki kurikulum 2013 yaitu peserta didik diharuskan aktif dalam menerapkan keterampilan proses sains serta menekankan pada penggunaan model atau metode pembelajaran inovatif. Hasil belajar peserta didik terdiri dari 3 kompetensi yaitu pengetahuan sikap dan keterampilan. Berdasarkan uraian diatas maka dibutuhkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran lainnya sehingga dapat diperoleh hasil belajar peserta didik dari ketiga kompetensi. Salah satu solusinya adalah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis modelling instruction. Model pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk membangun model dari fenomena kemudian menerapkannya dalam situasi baru yaitu modelling instruction. Modelling instruction merupakan model pembelajaran yang telah terbukti dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dalam mengkonstruksi konsep fisika sehingga mampu memecahkan permasalahan dengan konsep yang telah dimilikinya. Modelling instruction memiliki kelebihan yaitu dapat membantu peserta didik mengekspresikan pemikiran serta pengembangan diri. Maka dari itu STEM dapat membantu modelling instraction untuk mengekspresikan pemikiran serta pengembangan diri peserta didik. Terlebih lagi pada STEM terdapat aspek engineering yang menuntut peserta didik untuk membuat proyek tentang materi yang diajarkan. Maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis modelling instruction berbantuan STEM dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan. Pengembangan perangkat ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini dilakukan uji validitas uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil validasi RPP dan LKPD dalam katagori valid. Pada uji coba kelompok kecil yaitu respon peserta didik terhadap LKPD termasuk dalam katagori baik sedangkan uji coba lapangan yaitu keterlaksanaan pembelajaran dalam katagori baik dan uji keefektifan dalam katagori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18936

Actions (login required)

View Item View Item