Pengaruh penggunaan bahan ajar komik berbasis media sosial instagram dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X pada materi usaha dan energi / Egidia Nafisatul Nafiroh

Nafiroh, Egidia Nafisatul (2019) Pengaruh penggunaan bahan ajar komik berbasis media sosial instagram dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X pada materi usaha dan energi / Egidia Nafisatul Nafiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Nafiroh, Egidia Nafisatul. 2019. ÔÇ£Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Komik Berbasis Media Sosial Instagram dengan Menggunakan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Materi Usaha dan EnergiÔÇØ. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sulur, S.Pd., M.Si., M.T.D, (II) Drs. Agus Suyudi, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan Bahan Ajar Komik Berbasis Media Sosial Instagram, Keterampilan Berpikir Kritis, Usaha dan Energi. Keterampilan berpikir kritis pada materi usaha dan energi masih tergolong rendah. Rendahnya keterampilan berpikir kritis ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu penggunaan bahan ajar dan model pembelajaran yang kurang tepat. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis yaitu dengan menggunakan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) dengan bahan ajar komik berbasis media sosial instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar komik berbasis media sosial instagram dengan menggunakan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X pada materi usaha dan energi. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Brawijaya Smart School. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Keterampilan berpikir kritis siswa diukur dengan menggunakan instrument tes berupa 13 butir soal essay dengan reliabel 0.8553. Kemudian dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan uji-t satu pihak dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata dari kelas eksperimen adalah 66 sedangkan rerata dari kelas kontrol adalah 48 yang menunjukkan rerata posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil uji-t didapat thit (4.45) > ttabel (1.685) yang menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan bahan ajar komik berbasis media sosial instagram dengan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) lebih tinggi daripada siswa menerapkan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar komik berbasis media sosial instagram dengan menggunakan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18935

Actions (login required)

View Item View Item