Pengaruh model pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X pada materi usaha dan energi / Anastasia Nur Halisa

Halisa, Anastasia Nur (2019) Pengaruh model pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X pada materi usaha dan energi / Anastasia Nur Halisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Anastasia Nur Halisa. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Usaha dan Energi. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sulur, S.Pd., M.Si., M.T.D., (II) Drs. Agus Suyudi, M.Pd. Kata Kunci: PDEODE, STEM, keterampilan berpikir kritis, usaha dan energi Materi usaha dan energi merupakan konsep yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari yang harus ditekankan pada siswa. Konsep tersulit yang dialami siswa SMA adalah materi hukum kekekalan energi. Kondisi lain pada pembelajaran materi usaha dan energi banyak siswa yang mengalami miskonsepsi dan keterampilan berpikir kritis rendah. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang memberikan pembelajaran yang bermakna, dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa melalui sebuah model pembelajaran yang terintegrasi dengan satu atau beberapa bidang keilmuan lain. Dari permasalahan tersebut dipilih model pembelajaran PDEODE berbasis STEM yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Pre-test-Post-test Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran PDEODE berbasis STEM, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Laboratoium UM berjumlah 132 siswa. Teknik pengambilan sampelnya mengguakan cluster random sampling. Kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran PDEODE berbasis STEM, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diberi pre-test dan di akhir materi, kedua kelas diberi post-test. Hasil analisis pre-test siswa menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa. Hasil post-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen = 40 > kelas kontrol = 29,6. Selain hal tersebut diketahui bahwa 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 4,109 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙= 1,996. Hal ini menunjukkan bahwa kelas keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol atau dapat diartikan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PDEODE berbasis STEM lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PDEODE berbasis STEM berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Laboratorium UM pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18934

Actions (login required)

View Item View Item